Davao Kejar Pertumbuhan Sektor MICE

Tuesday, 01 March 16   2 Views   0 Comments   Venue

Kota Davao di selatan Filipina mengukuhkan posisinya sebagai destinasi Meetings, Incentives, Conventions, Exhibitions (MICE) dengan mengumpulkan sejumlah event sepanjang periode 2016-2017. Salah satu event yang telah dirampungkan kota ini adalah 83rd PVMA Scientific Conference & Annual Convention yang digelar pada 17-19 Februari 2016 di SMX Convention Center. Event tersebut mendatangkan 1.500 partisipan dari seluruh kawasan Filipina.

Event raksasa lainnya adalah The Asian Raptor Conference yang dijadwalkan pada Oktober 2017 dan ditargetkan menggaet 200 peserta asing. Lisette Marques, Kepala Promosi Pariwisata Kota Davao, mengatakan, dengan sejumlah event MICE tersebut, Davao menargetkan kenaikan kunjungan wisatawan hingga 10 persen pada tahun 2016 ini.

Berdasarkan data Departemen Pariwisata (DOT) Davao, kawasan yang kesohor dengan Festival Kadayawan itu mendatangkan 1.874.587 wisatawan sepanjang Januari-September 2015. Sekitar 69 persen dari angka itu (sekitar 1.290.480) adalah wisatawan mancanegara. “Kami sadar, untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan, organizer MICE dan pemangku kebijakan harus saling bergandengan tangan. Kami juga diuntungkan dengan keberadaan pusat konvensi yang dapat menampung berbagai jenis acara,” kata Roberto P. Alabado III, Direktur DOT Davao.

Alabado menjelaskan, untuk memosisikan diri sebagai destinasi MICE, DOT akan menggelar lebih banyak road show untuk mempromosikan Davao. Awal Februari 2016, DOT Davao meluncurkan tiga program kunci untuk menggaet lebih banyak wisatawan: Visit Davao Fun Sale 2016, Let’s Meet in Davao: MICE Davao Program, dan The 9th Mt. Apo Boulder Face Challenge. Bagi peserta MICE, tersedia insentif dengan sejumlah ketentuan.

“Dengan jumlah peserta minimal 300, kami akan memberikan diskon 15 persen untuk pemesanan transportasi menggunakan Mabuhay Car Rental, diskon di sejumlah pusat perbelanjaan dan restoran, hingga pengurusan izin masuk banner oleh Kantor Pariwisata Kota Davao. Intinya, kami permudah Anda untuk menggelar event MICE di sini,” kata Alabado.

Untuk mengembangkan sektor MICE, Davao menawarkan Paket Insentif Wisata di Samal kepada para organizer dan perusahaan. Samal dikenal sebagai kota resor terbesar di Provinsi Davao, termasuk Filipina. Ada 34 resor dengan total 1.000 kamar yang terdaftar di kota tersebut. Satu yang paling populer adalah Pearl Farm Beach Resort yang dikelola oleh Miss Universe tahun 1973, Margarita Moran.

Tidak hanya menggandeng resor, DOT Davao juga menggandeng AirAsia sebagai mitra untuk memberikan harga khusus bagi peserta MICE. “Ketika event MICE digelar di Davao, tentu ada biaya perjalanan tambahan yang harus dikeluarkan peserta karena jarak kota ini ke Manila sekitar 1 jam 50 menit menggunakan jalur udara. Kemitraan dengan AirAsia diperlukan untuk meringankan biaya transportasi itu,” katanya.

Penulis: Siska Maria Eviline