DPD IPI Jawa Timur Resmi Dibentuk

Tuesday, 15 November 16   7 Views   0 Comments   Venue

Insan Pariwisata Indonesia secara resmi membentuk Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Insan Pariwisata Indonesia (IPI) Jawa Timur periode 2016-2018 dengan ketuanya adalah Nita Krisdiantanti. Total, wilayah Jawa Timur memiliki sekitar 300 anggota.

“Dilantiknya DPD IPI Jatim ini lantaran melihat tempat wisata daerah adalah aset yang berpotensi untuk dikembangkan lewat organisasi. Obyek wisata di Jawa Timur terbagi menjadi lima korwil karesidenan yang saling terintegrasi dengan jasa usaha di bidang pariwisata masing-masing daerah,” ujar Nita Krisdiantanti.

IPI sendiri atas dasar kecintaan dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia bertekad memajukan industri pariwisata dalam negeri melalui segenap perusahaan dan individu pelaku usaha pariwisata. Menurut Nita, Insan Pariwisata Indonesia adalah organisasi yang bebas dari unsur politik.

“Prinsip kerja, visi, dan misi IPI adalah kerja jujur, adil, demokratis, profesional, dan menjaga akuntabilitas pertimbangan kepada pemerintah demi memajukan industri pariwisata Indonesia,” ujar Nita.

Ferdinan Wahyu Aria, Ketua Umum DPP Pusat IPI, mengatakan, Insan Pariwisata Indonesia mendeklarasikan diri sebagai organisasi yang mendukung penuh kemajuan industri pariwisata. IPI sendiri terbentuk setahun silam, tepatnya di Sidoarjo pada tanggal 7 April 2015.

“Pengukuhan DPD IPI Jatim ini sekaligus melengkapi cabang organisasi IPI di wilayah lain, seperti DPD Jabodetabek, DPD Bali, DPD DIY, dan DPD Jateng,” ujar Ferdinan.

Ferdinan menambahkan, IPI juga melibatkan perwakilan pelaku usaha dari travel agent, marketing hotel, oleh-oleh makanan khas daerah, katering, restoran, jasa rental mobil, PO Pariwisata, dan tour leader yang bertujuan menumbuhkembangkan industri dunia pariwisata sehingga mudah diakses ke berbagai elemen terkait.

Penulis: Jefri Yulianto