Dunia Menyambut 538 Juta Turis Internasional

Friday, 18 September 15   0 Views   0 Comments   Venue

Pada semester pertama 2015, terjadi peningkatan perjalanan wisatawan internasional sebanyak empat persen, menjadi 538 juta wisatawan. Berdasarkan data terakhir dari UNWTO, itu artinya ada tambahan 21 juta wisatawan internasional pada semester pertama 2015 dibanding periode yang sama pada 2014.

Di regional, pertumbuhan tertinggi terjadi di Karibia dan Oceania (masing-masing 7 persen), diikuti oleh Eropa Tengah, Eropa Timur, dan Amerika Tengah (masing-masing 6 persen). Eropa Barat, Eropa Utara, Mediterania, Asia Timur, Asia Tenggara, dan Timur Tengah semuanya mengalami pertumbuhan 5 persen. Sebaliknya, di Benua Afrika justru terjadi penurunan. Di Afrika Utara terjadi penurunan kunjungan wisatawan mancanegara hingga 10 persen.

“Angka tersebut menunjukkan bahwa di tengah ketidakpastian ekonomi, pariwisata terus tumbuh positif dan memberikan dampak ekonomi di seluruh dunia,” ujar Taleb Rifai, Sekjen UNWTO.

Berdasarkan perkiraan UNWTO yang diberikan pada awal 2015, pertumbuhan wisatawan internasional diperkirakan meningkat 3-4 persen di seluruh dunia sepanjang 2015. Hal itu sejalan dengan perkiraan pertumbuhan rata-rata 3,8 persen per tahun selama periode 2010 hingga 2020.

Penulis: Harry Purnama