DWTC Gelar 100 Event dalam Empat Bulan

Tuesday, 06 September 16   4 Views   0 Comments   Venue

Pada September-Desember 2016, Pusat Perdagangan Dunia Dubai (DWTC) menjadi tuan rumah lebih dari 100 acara pameran, konferensi, perdagangan, serta hiburan, dan diperkirakan menarik 1,2 juta pengunjung regional dan internasional. Hal tersebut akan dimulai pada 4 September dengan pelaksanaan The 34th International Congress of the International Society of Blood Transfusion, disusul dengan pelaksanaan Cityscape Global pada 6 September.

Selain itu, Uni Emirat Arab juga menghadirkan pameran besar lainnya, seperti Gitex Shopper, Gitex Teknologi Week, Gulfood Manufacturing, Big 5, dan Dubai International Jewellery Week. Pameran-pameran tersebut sejalan strategi industri UEA dan Dubai, yaitu diversifikasi ekonomi. “Memasuki musim yang penuh event ini, kami berharap untuk menyelenggarakan acara yang beragam yang akan menghubungkan bisnis dari seluruh dunia,” kata Ahmed Alkhaja, Wakil Presiden Senior (Venues) Dubai World Trade Centre.

Ahmed Alkhaja menyatakan, pada 2015, DWTC memberikan kontribusi sebesar Dh12 miliar atau sekitar Rp42,9 triliun (1 dirham=Rp3.580) terhadap perekonomian Dubai, dan prioritas DWTC akan terus disesuaikan dengan prioritas UEA yang lebih luas untuk diversifikasi ekonomi serta manfaat jangka panjang dari industri MICE dan properti terhadap kontribusi PDB.

Dari industri hospitality, Sultan bin Saeed Al Mansouri, Menteri Ekonomi Uni Emirat Arab, mengatakan, kontribusi sektor pariwisata terhadap PDB Uni Emirat Arab mencapai Dh134 miliar atau sekitar Rp479 triliun pada 2015, dan angka tersebut diperkirakan meningkat 5,4 persen per tahun dalam 10 tahun ke depan. Pameran Leisure Show dan The Hotel Show yang dilaksanakan bersamaan pada 17-19 September akan mendukung sektor yang sedang tumbuh tersebut.

Akan ada pula pertunjukan sirkus teatrikal Cirque Du Soleil – Varekai yang menarik perhatian dunia internasional dan memukau lebih dari delapan juta orang di seluruh dunia sejak pertama kali tampil di Montreal pada 2002. Berlangsung pada 16-26 September 2016, sirkus ini akan menampilkan akrobat dan atraksi dari 50 penampil dan musisi dari 19 negara berbeda.

Tingginya penggunaan peralatan elektronik di Timur Tengah membuat pameran Gitex Shopper diadakan kembali di DWTC pada 1-8 Oktober 2016. Pameran ini menghadirkan brand-brand populer, perusahaan teknologi terkenal, dan distributor peralatan elektronik dalam satu atap.

Uni Emirat Arab terus menjadi yang terdepan di bidang inovasi teknologi, dan melalui Dubai Future Endowment Fund, pemerintah menyediakan Dh1 miliar untuk mendukung proyek-proyek inovatif di Uni Emirat Arab. Mengangkat tema “Reimagining Realities”, Gitex Technology Week yang berlangsung pada 16-20 Oktober 2016 akan mendefinisikan kembali bagaimana teknologi dapat mengubah sebuah bisnis melalui inovasi-inovasi terbaru.

Penulis: Ahmad Baihaki