Enam Provinsi di Sulawesi Sepakat Memperkuat Konektivitas Pariwisata

Monday, 27 November 17   2 Views   0 Comments   Harry Purnama
Makassar

Enam provinsi se-Sulawesi dalam Rapat Koordinasi Pariwisata Regional Sulawesi di Kota Gorontalo menyatakan kesepakatannya untuk memperkuat konektivitas pariwisata dengan mengembangkan sistem transportasi darat melalui percepatan pembangunan jalur kereta api Trans-Sulawesi.

“Rakor Pariwisata Regional Sulawesi juga menyatakan mendukung target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara dan 270 juta pergerakan wisatawan nusantara di Tanah Air pada 2019,” ujar Longki Janggola, Gubernur Sulawesi Tengah yang juga sebagai Ketua Badan Kerjasama Pembangunan Regional Sulawesi (BKPRS).

Penyelenggaraan Rakor Pariwisata Regional Sulawesi  bekerja sama dengan BKPRS  kali ini mengangkat tema tentang konektivitas. “Hal ini perlu dilakukan karena laju pertumbuhan pariwisata di Sulawesi masih terhambat oleh kurang memadainya konektivitas antar-daerah,” ujar Longki Janggola.

Sementara itu, Menteri Pariwisata yang diwakili Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman mengapresiasi penyelenggaraan Rakor Pariwisata Regional Sulawesi yang baru pertama kali diadakan. “Penyelenggaraan Rakor ini sebagai bentuk konkret dari upaya membangun sinergi dalam Indonesia Incorporated, yaitu pengintegrasian pembangunan pariwisata dalam region Sulawesi,” kata Dadang Rizki Ratman.

Dalam Rakor tersebut setiap provinsi memaparkan arah pembangunan pariwisata daerahnya masing-masing. Adapun beberapa rumusan yang disepakati sebagai hasil rakor antara lain mendukung target pencapaian 20 juta wisman pada 2019, memperkuat konektivitas pariwisata di Sulawesi dengan pengembangan sistem transportasi darat melalui percepatan pembangunan jalur kereta api Trans-Sulawesi, serta pembangunan pelabuhan, sarana, dan sistem transportasi yang menghubungkan titik-titik destinasi pariwisata di Sulawesi.

Selain itu, rakor ini juga mendorong terbentuknya kerja sama sub-regional sebagai pusat pertumbuhan pariwisata di Sulawesi, mencakup cluster Teluk Tomini di sisi utara dan cluster Teluk Bone di sisi selatan, serta mempercepat realisasi gagasan Sulawesi Cruise Line. Memperkuat tata kelola pembangunan pariwisata regional Sulawesi melalui sinergi visi dan program pemerintah provinsi dan kabupaten/kota serta mendorong lahirnya identitas pariwisata Sulawesi sebagai Regional Tourism Branding.

Rusli Habibie, Gubernur Gorontalo, sebagai tuan rumah memberikan apresiasi kepada 400 peserta rakor yang  hadir mewakili organisasi perangkat daerah (OPD), perwakilan kabupaten/kota, dan asosiasi pelaku usaha bidang pariwisata se-Sulawesi.