FKPPH Bahas Pengembangan Karyawan Hotel

Friday, 14 October 16   3 Views   0 Comments   Venue

Melanjutkan kepengurusan organisasi Forum Komunikasi Pimpinan Personalia Hotel (FKPPH) periode 2016-2019, Ketua Terpilih Moh. Henry Fajar Negara menyatakan akan terus berkomitmen melatih, membangun, melengkapi, memutakhirkan pengetahuan dan kemampuan, serta membangun komunikasi sinergi mendukung tugas masing-masing anggota.

“Ada hal penting dan pokok sebagai tugas utama organisasi, yakni menciptakan suasana guyub saling melengkapi antar-anggota. Misalnya, persoalan managerial SDM, UMK karyawan, dan peraturan perhotelan terkait UU pembagian service di hotel akan kita pelajari, termasuk on job training terlindungi dan tersosialisasi dengan benar,” ujar Henry di sela-sela kegiatan pelantikan di Hotel Utami Surabaya.

Henry menambahkan, selain menjual kamar dan makanan sebagai inti dari bisnis hotel, FKPPH juga berperan aktif turut membantu penyerapan tenaga kerja yang bekerja sama dengan Disnaker dan badan sertifikasi untuk sertifikasi gratis pada member tergabung. Pasalnya, anggota FKPPH sendiri sebagian juga menjadi tenaga assessor untuk memberikan sertifikasi.

“Setiap hotel baru yang diresmikan itu membutuhkan kurang lebih 50-100 orang. Artinya, tingkat kebutuhan SDM juga melengkapi operasional hotel dalam pemenuhan target sesuai klasifikasi, mulai hotel bujet hingga hotel bintang,” ujar Henry.

Saat ini, menurut Henry, setiap tahun ada 5-10 hotel diresmikan yang mampu menyerap 1.000 hingga 2.000 SDM. Perkembangan hotel juga mengikuti tingkat rekrutmen dari kuota yang dibutuhkan.

Henry juga menyikapi okupansi dan bisnis MICE hotel di Surabaya yang masih didominasi hotel bujet. Sebab, kebutuhan gedung pertemuan sendiri banyak yang beralih. Namun, kondisi pasar MICE hotel di Surabaya masih stabil di angka 60-70 persen. Contohnya, dengan adanya peraturan pemerintah dan Menpan terkait tingkat okupansi dan MICE anggaran yang dibatasi, okupansi Hotel Utami sempat merosot 20 persen dari tahun sebelumnya.

“Untuk itu, FKPPH ingin kompak sejalan dengan adanya corporate social responsibility dan training development telah menjadi andil besar kemajuan pekerja, terutama di bidang jasa ini,” ujar Henry.

 

Daftar Pengurus FKPPH Periode 2016-2019:

DEWAN PENASEHAT: 1. RUMADHONO SUMANTO, S.H.

2. DRS. AK.TOTOK TEGUH OETOMO        

3. H. BONDAN PRASETYO, S.Sos, CBA, CLT, CGT

KETUA UMUM: MOH. HENRY FAJAR NEGARA, BBA

WAKIL KETUA: FAHMI MAHRI, SE

WAKIL KETUA: ARI ANGGRAENI MAYADEWI, S.Psi

SEKRETARIS UMUM & HUMAS: TRETI CHRISTINA KUSUMAWARDANI, S.Psi

SEKRETARIS I: ELANT ANGGRAINY, ST, MPSDM

SEKRETARIS II: MOH. JUFRIADI, SPsi

BENDAHARA: R. YANUAR SOEMARDIARTO, ST

WAKIL BENDAHARA: R. SYAIFUL ALAM, SE

Penulis: Jefri Yulianto