GBS, Hub MICE Baru Kota Seoul

Thursday, 18 February 16   2 Views   0 Comments   Venue

Perusahaan otomotif terbesar kelima dunia, Hyundai Motor Group, direncanakan mulai membangun Global Business Center (GBS) pada awal 2017. Demi memuluskan rencana itu, Hyundai Motor membeli lahan seluas 920.000 meter persegi di selatan Seoul dari Korea Electric Power Corp (Kepco) pada September 2015.

Ditargetkan rampung pada 2021, Global Business Center nantinya akan memiliki 105 lantai dengan tinggi mencapai 553 meter dan luas bangunan 560.000 meter persegi. Secara terperinci, Pemerintah Metropolitan Seoul menyampaikan 40 dari 105 lantai yang ada akan difungsikan sebagai hotel dan ruang perkantoran. Selain itu, tiga lantai akan digunakan untuk pusat konvensi, tujuh lantai untuk venue pertunjukan, delapan lantai untuk fasilitas perdagangan, serta dua area observasi yang dipusatkan di lantai 104 dan 105.

Park Won-soon, Wali Kota Seoul, mengatakan, kerja sama itu juga menyepakati bahwa Hyundai Motor akan mengalokasikan dana sebesar KRW1,74 triliun (setara dengan Rp19,13 triliun) untuk mengubah status penggunaan lahan dari “perumahan” menjadi “komersial”. Di Korea Selatan, ini merupakan syarat yang harus dipenuhi untuk memulai sebuah proyek konstruksi.

Global Business Center yang akan berdiri berdampingan dengan kompleks Convention and Exhibition Center (CoEx) itu diharapkan tumbuh menjadi hub baru bagi industri MICE Korea Selatan. “Proyek ini akan menghasilkan multi-triliun won kepada Korea Selatan dan menyediakan satu juta lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” kata Park.

Penulis: Siska Maria Eviline