Harga Kamar Dinamis untuk Mencapai Target Revenue

Friday, 27 January 17   2 Views   0 Comments   Venue

Untuk pengembangan hotel pada tahun 2017-2018, Indonesian Hotel General Manager (IHGM) telah menyusun program kerja yang kreatif dan inovatif. Hal tersebut ditetapkan menyusul terjadinya penandatanganan kerja sama dengan Kementerian Pariwisata mengenai inovasi dan pengembangan industri pariwisata Indonesia, khususnya dari sektor perhotelan.

“Khusus di bidang hospitality ini, IHGM turut serta memfasilitasi pengembangan sumber daya manusia. Adanya persaingan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) membuat kami mengasah kemampuan SDM agar antar-pucuk pimpinan hotel satu dengan yang lain setara kemampuannya,” ujar Sigit Budiarso, Ketua Umum IHGM.

Sigit mengatakan, banyaknya kesenjangan pengetahuan para pimpinan hotel di Indonesia menjadi alasan penting untuk mengasah kemampuan mereka sebagai pemegang kendali hotel. Selain itu, GM juga menentukan maju-tidaknya sebuah hotel.

Untuk itu, Sigit menambahkan, revenue hotel management merupakan salah pengetahuan yang harus dipahami bagi para general manager. Egi Rigatta, Ketua IHGM Jawa Timur, mengatakan, GM harus mampu menghitung target yang telah ditetapkan oleh perusahaan, yakni dengan menjaga stabilitas antara supply dan demand.

“Target perusahaan bisa dicapai dengan menghitung ketepatan menentukan revenue oleh seorang general manager,” ujar Egi.

Egi menambahkan, saat ini sudah ada 21 hotel yang mendapat pelatihan soal revenue hotel management. Menurut Egi, konsep dynamic price perlu diterapkan, sebab penerapan harga merupakan strategi yang tepat untuk mengisi kekosongan kamar ketika sedang low season.

Penulis: Jefri Yulianto