IDDC, Wadah bagi Para Desainer

Monday, 03 October 16   1 Views   0 Comments   Venue

Kementerian Perdagangan meresmikan gedung Indonesia Design Development Center (IDDC) pada 29 September 2016. IDDC hadir sebagai wadah bagi pelaku usaha dan para desainer untuk menampilkan kreasi produk mereka. Indonesia Design Development Center yang memiliki luas 1.000 meter persegi berlokasi di Gedung Balai Besar Pendidikan dan Pengembangan Ekspor Nasional, Jakarta Barat.

Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan Republik Indonesia, mengatakan, kehadiran Indonesia Design Development Center becermin pada negara-negara lain yang industri kreatifnya sudah sangat maju. Karena itu, pemerintah menyediakan wahana pusat pengembangan desain kepada semua anak bangsa.

“Sekarang ini, desain menjadi elemen penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia, suatu barang yang memiliki fungsi yang sama namun pengalamannya berbeda. Di sinilah nilai tambah yang sangat besar. Pemerintah menyediakan IDDC untuk para pebisnis, akademisi, asosiasi, dan seniman agar dapat bekerja sama dari dalam ruang pertemuan itu menciptakan ide-ide baru. Dari situlah strategi jangka panjang akan terlahir,” kata Lukita.

Lukita menjelaskan, ada dua strategi untuk mengembangkan industri desain, yaitu menghadirkan produk yang berkualitas sehingga dapat kompetitif dan terus melakukan promosi. Setelah itu, menghadirkan transaksi-transaksi di Indonesia Design Development Center untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.

Sementara itu, Riana, Kordinator IDDC menyatakan, sebelumnya tempat ini dilakukan untuk uji standar kelayakan produk ekspor indonesia yang disulap menjadi pusat pengembangan desain.

Fasilitas yang ada di IDDC antara lain pustaka desain yang dapat digunakan untuk referensi pengembangan desain di dunia, co-workspace untuk kegiatan pengembangan desain, serta ruang pertemuan dengan kapasitas 20 orang yang dapat digunakan untuk desainer, pelaku usaha, dan asosiasi secara gratis.

“Pihak kami akan terus berupaya menyosialisasikan tempat ini, serta akan digunakan sebagai wadah berkumpulnya para pelaku usaha dan seniman untuk berkarya. Ruang ini rencananya juga akan digunakan untuk pameran-pameran desain karya anak bangsa. Kita tidak menargetkan berapa banyak pameran yang akan dilakukan di IDDC, yang terpenting desain produk tersebut sesuai dengan standar ekspor ke pasar global,” kata Riana, Koordinator Indonesia Design Development Center.

Riana mengatakan, ada 200 desainer maupun pelaku usaha yang sudah menjadi member IDDC. Member tersebut tidak hanya berasal dari Jakarta, tetapi juga dari daerah lain di Indonesia. Untuk bisa menggunakan seluruh fasilitas ini, mereka tidak dikenakan biaya, cukup mendaftar langsung ke www.iddc.kemendag.go.id.

Penulis: Ahmad Baihaki