Indonesia Menaikkan Target Kunjungan 3 Juta Wisman

Thursday, 06 October 16   1 Views   0 Comments   Venue

Untuk mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menaikkan target kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2017 sebanyak tiga juta wisatawan mancanegara. Dengan kata lain, total target kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2017 menjadi 15 juta wisatawan mancanegara. Pada tahun ini, target kunjungan wisatawan mancanegara adalah 12 juta wisman. Hal tersebut diungkapkan oleh I Gde Pitana, Deputi Pengembangan Pariwisata Internasional Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dalam kunjungannya ke gedung MPR/DPR.

“Pada akhir Juli 2016, jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia mencapai 6,23 juta wisman. Jumlah ini merupakan 53 persen atau setengah dari target 12 juta turis asing untuk tahun ini. Kami yakin bahwa pada akhir tahun ini target tersebut akan tercapai. Kami ingin meningkatkan target lebih banyak sekitar tiga juta wisatawan asing pada tahun 2017 sehingga kita akan menyambut 15 juta wisman,” kata Pitana.

Salah satu kekuatan pendorong utama di balik pertumbuhan pariwisata Indonesia adalah kebijakan bebas visa kunjungan yang saat ini sudah diterapkan di banyak negara, termasuk di pasar-pasar utama. Pada 2015, Indonesia menyambut 10,4 juta wisatawan mancanegara.

Penulis: Ahmad Baihaki