Indonesia Menargetkan Lebih Banyak Wisatawan MICE

Tuesday, 06 September 16   5 Views   0 Comments   Venue

Kementerian Pariwisata Indonesia memprediksikan pada tahun 2016 ini, sektor MICE akan menyumbang sekitar tujuh persen dari total kedatangan wisatawan internasional ke Indonesia. Pemerintah juga menetapkan target kunjungan 12 juta wisman pada tahun ini, yang berarti bisa menarik hingga 840.000 delegasi MICE. 

Vinsensius Jemadu, Asisten Deputi Pembangunan untuk Asia Pasifik Kementerian Pariwisata, mengatakan, target ini sebenarnya masih relatif rendah. “Targetnya tidak terlalu tinggi karena fasilitas MICE hanya ada di daerah-daerah tertentu, seperti Bali, Jakarta, dan Bandung,” ujar Vinsensius.

Vinsensius menambahkan, bahwa pemerintah akan lebih agresif dalam strategi MICE tahun ini, dengan rencana untuk memperluas kemampuan negara menjadi tuan rumah acara-acara internasional. Inisiatif lain yang akan dilakukan untuk menarik wisatawan MICE adalah pelayanan jalur khusus di bandara khusus bagi para delegasi MICE.

“Kementerian Pariwisata akan bekerja sama dengan kementerian atau lembaga lainnya untuk membuat Indonesia terpilih menjadi tuan rumah acara-acara internasional,” kata Vinsensius.

Peringkat Indonesia masih berada di bawah negara-negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia dan Thailand dalam hal pelaksanaan event internasional. Namun, pada 2019, Kementerian Pariwisata menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara, dan 20 persen di antaranya berasal dari sektor MICE.

Penulis: Ahmad Baihaki