iWOW, Kenal Pariwisata Indonesia Lewat Aplikasi

Thursday, 17 September 15   1 Views   0 Comments   Venue

Kementerian Pariwisata semakin menggenjot promosi demi mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019 dengan menggandeng sejumlah pihak, salah satunya adalah lewat promosi digital. Kali ini, Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan inTouch Innovative dan Markplus membuat aplikasi mobile iWOW (Indonesia World of Wonder) yang diluncurkan pada 28 Agustus 2015 di Beachwalk, Kuta.

“Bali sengaja dijadikan tempat peluncuran perdana karena semua wisatawan lokal dan mancanegara menjadikan Bali sebagai tujuan wisata utama,” ujar I Gede Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian. Selanjutnya, iWow akan diluncurkan di destinasi wisata lain di Indonesia.

Awareness, interest, dan decision berwisata di Indonesia kita kembangkan besar-besaran sebelum calon wisatawan melakukan action. Awareness ini sangat efektif menggunakan media digital, dan Kemenpar tidak mungkin mencapai target ambisius ini tanpa kerja sama dengan pihak swasta. Kalau dulu kebutuhan primer kita sandang, pangan, dan papan, sekarang ada kebutuhan primer lain, yakni telepon genggam. Semua orang kini memanfaatkan ponsel, mencari informasi pun lewat ponsel. Karena itu, kami gunakan ponsel pintar yang sangat efektif untuk promosi saat ini,” imbuhnya.

Hal menarik yang dimiliki iWOW adalah orang yang berpromosi tidak perlu membayar apabila belum terjadi pembelian oleh konsumen. “Artinya, kita tidak berpromosi dengan membuang-buang uang ke udara begitu saja,” kata Pitana.

Melalui iWOW ini pariwisata Indonesia dipromosikan ke seluruh dunia tanpa bujet dari pemerintah. iWOW merupakan jenis aplikasi yang bisa diunduh oleh seluruh orang yang memiliki ponsel pintar. “Siapa pun yang mempromosikan pariwisata Indonesia kami dukung dengan baik. Ini merupakan terobosan bisnis yang bagus bagi pelaku bisnis pariwisata dari kalangan UKM yang umumnya tidak memiliki dana marketing besar,” ujar Pitana.

Hendra Kendro, CEO inTouch mengungkapkan, kelebihan dari aplikasi ini salah satunya adalah menyediakan layanan push message yang memungkinkan setiap turis untuk menerima penawaran yang sesuai dengan profilnya secara otomatis setiap harinya dari berbagai merchant yang tergabung dalam iWOW.

Penulis: Nila Sofianty