Kejar Pasar MICE, Thailand Luncurkan Strategi Digital

Tuesday, 03 May 16   4 Views   0 Comments   Venue

Thailand telah meluncurkan strategi digital terbaru untuk menjadikan Negeri Gajah Putih tersebut sebagai destinasi MICE utama di Asia. Strategi baru tersebut diluncurkan oleh Thailand Convention & Exhibition Bureau (TCEB). Dalam strategi digital tersebut, TCEB juga memasukkan kampanye bertema “Spice Up Your Business Agenda” yang meliputi aplikasi mobile terbaru, situs MICE yang diperbarui, serta tools online untuk membantu para penyelenggara acara. Target utama dari strategi digital tersebut adalah para penyelenggara acara di lima negara Asia, yaitu Cina, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam,

“Tahun ini, TCEB akan terus mempromosikan kesiapan industri MICE Thailand melalui strategi digital MICE yang kompetitif dan komprehensif. Kami juga menggabungkan aktivitas digital dengan strategi konvensional untuk mencapai target yang lebih tinggi,” ujar Nopparat Maythaveekulchai, Presiden TCEB.

Ada empat komponen utama dalam strategi digital ini, yaitu aplikasi mobile Biz Thailand yang menyediakan informasi mengenai produk dan jasa MICE Thailand dalam bahasa Thailand dan Inggris; pembaruan website yang tersedia dalam delapan bahasa; alat pemasaran online terbaru; dan sales kit digital yang mencakup blog, foto, video, dan infografis.

“Aplikasi mobile Biz Thailand akan memberikan akses yang mudah untuk mengetahui industri MICE Thailand hanya melalui ponsel pintar,” ujar Sarita Chintakanond, Direktur Departemen Teknologi dan Informasi TCEB.

“Aplikasi tersebut akan mengumpulkan semua informasi penting, mulai dari atraksi wisata, restoran, hotel, penerbangan, serta venue MICE di Bangkok dan kota lainnya. Aplikasi ini juga akan menampilkan promosi dan acara yang sedang berlangsung di area tertentu, dan pengguna aplikasi ini dapat langsung membagikan informasi tersebut melalui sosial media yang dimiliki,” ujar Sarita Chintakanond.

TCEB juga akan mengadakan serangkaian kampanye promosi dan pemasaran online untuk meningkatkan awareness terhadap industri MICE Thailand serta mempromosikan lima kota MICE utama di Thailand, yaitu Bangkok, Chiang Mai, Phuket, Pattaya, dan Khon Kaen.

Melalui kampanye “Spice Up Your Business Agenda” ini, TCEB akan memberikan insentif kepada para penyelenggara acara yang mengadakan acara di Thailand. Bekerja sama dengan Thai Airways, Thai Smile, Tourism Authority of Thailand (TAT), Visa, dan Kementerian Perdagangan Thailand, TCEB akan memberikan potongan harga kamar, layanan transportasi darat, serta potongan harga pemakaian lapangan golf. Hal tersebut bertujuan untuk memperpanjang masa tinggal para wisatawan bisnis.

Melalui strategi digital ini, TCEB berharap ada peningkatan kunjungan melalui saluran online sebesar 50 persen pada 2016 ini, termasuk peningkatan 15 persen melalui situs resmi mereka. Hal tersebut akan membantu untuk mencapai target kunjungan 1,06 juta wisatawan bisnis asing dan pemasukan THB92 miliar (US$2,6 miliar) dari sektor MICE.

Penulis: Harry Purnama