Kembangkan Venue, Broward Investasikan Rp7,95 Triliun

Wednesday, 16 March 16   0 Views   0 Comments   Venue

Berambisi mendongkrak pertumbuhan industri meeting dan konvensi, Broward County meluncurkan Proyek Perbaikan Pusat Konvensi senilai US$600 juta atau setara dengan Rp7,95 triliun (US$1=Rp13.250). Nicki E. Grossman, Presiden dan CEO Biro Pariwisata Broward County, mengatakan, proyek itu akan difokuskan pada pengembangan 1.000 ruang konvensi di sejumlah hotel dan penambahan pusat konvensi seluas 27.870.91 meter persegi.

“Broward County memiliki fasilitas meeting, restoran, hotel, dan pusat perbelanjaan terbaik. Kami juga ditopang dua pelabuhan utama (Pelabuhan Everglades dan Pelabuhan Lauderdale), Bandara Internasional Hollywood yang melayani 23 juta penumpang setiap tahun, dan beberapa pantai-pantai populer seperti Hollywood Beach,” kata Grossman seperti dilansir dari Sun Sentinel.

Rencana tersebut, menurut dia, sejalan dengan tiga proyek infrastruktur yang tengah dikembangkan kawasan yang berada di bawah teritorial Negara Bagian Florida, Amerika Serikat, itu. Pertama, pembangunan Brightline yang dijadwalkan beroperasi pada pertengahan 2017. Kereta api ekspres ini rencananya akan menghubungkan Miami, Fort Lauderdale, Pantai West Palm, dan Orlando.

Kedua, membuka keran investasi senilai US$700 juta atau sekitar Rp9,28 triliun untuk menambah 1.000 kamar hotel baru. Rencananya, hotel-hotel ini akan beroperasi dalam dua tahun ke depan. Ketiga, merenovasi Diplomat Resort & Spa, W Fort Lauderdale, dan B Ocean Fort Lauderdale dengan investasi senilai US$400 juta (Rp5,3 triliun).

Tidak hanya fokus membenahi infrastruktur, Broward juga akan mengarahkan sektor meeting dan konvensi lebih ramah lingkungan melalui program “Plan it Green”. Grossman menjelaskan, program daring ini bertujuan untuk mengetahui produksi emisi karbon sebuah event.

“Apabila emisi karbon yang dihasilkan setara atau kurang dari US$2 per orang, maka event dan peserta layak menerima sertifikat ‘Plan It Green’. Dana yang dihasilkan akan kami sumbangkan untuk program penanaman pohon di Broward,” katanya.

Sebagai informasi, tahun ini Broward menargetkan mampu mendatangkan 16 juta wisatawan dengan spending mencapai US$14,1 miliar. Target itu naik dibandingkan tahun lalu yang hanya 15,3 juta turis. Grossman optimistis target itu bisa tercapai mengingat pada 14-17 Maret 2016 Broward County menjadi tuan rumah Seatrade Conference and Trade Show. Event itu diprediksi mendatangkan 11.000 pengunjung dan berkontribusi sebesar US$10 juta terhadap perekonomian setempat.

Penulis: Siska Maria Eviline