Kemenpar Promosikan Wisata Bahari Indonesia di Selandia Baru

Wednesday, 29 November 17   6 Views   0 Comments   Ahmad Baihaki
Wisata Bahari yacht

Kementerian Pariwisata memperkuat promosi pariwisata Indonesia sebagai salah satu tujuan wisata bahari kelas dunia. Untuk itu, pada 15 hingga 25 November 2017, Wonderful Indonesia turut ambil bagian di ajang pameran yacht internasional All Points Rally Festival Opus, Selandia Baru.

All Points Rally Festival Opus diikuti 160 yacht dari berbagai negara. I Gde Pitana, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, mengatakan, salah satu upaya promosi wisata bahari Indonesia adalah berupa dukungan event bahari berkelas internasional. Hal ini untuk membangun jejaring dengan komunitas-komunitas wisata minat khusus bahari, seperti wisata yachting atau berlayar.

“Salah satu event yachting yang banyak dihadiri oleh para pelayar adalah All Points Rally Festival,” ujar Pitana.

Pitana mengatakan, pemilihan dukungan di ajang tersebut memang tidak lepas dari banyaknya komunitas yacht yang hadir. Mereka di antaranya adalah yachter dari Tahiti, Tonga, Fiji, Vanuatu, Kaledonia Baru, dan negara-negara lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Kementerian Pariwisata berupaya menyosialisasikan seluas-luasnya dan promosi Indonesia sebagai destinasi wisata yacht, serta memberikan wawasan kepada komunitas yachter di Selandia Baru, baik mengenai hal-hal yang berhubungan dengan jalur layar, lama tinggal, dan juga lokasi-lokasi serta jadwal yang dapat dikunjungi oleh para yachter saat mereka melakukan perjalanan melewati wilayah Indonesia.

“Selain kemudahan berupa bebas visa bagi kunjungan kurang dari 30 hari, para pelancong juga dapat menikmati proses clearance imigrasi lewat hub pelabuhan yang lebih cepat dari sebelumnya,” kata Pitana.

Pitana menjelaskan, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia serta sangat strategis bagi para pelayar di kawasan Asia Pasifik. Untuk itu, berbagai upaya perlu dilakukan untuk meningkatkan citra Indonesia sebagai destinasi wisata bahari, antara lain dengan mempromosikan potensi wisata bahari Indonesia kepada dunia internasional.

Vinsensius Jemadu, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata, menambahkan, guna semakin memeriahkan acara promosi, Indonesia di kesempatan itu juga menebar branding Wonderful Indonesia dengan berbagai materi promosi, kegiatan promosi, dan juga menghadirkan sejumlah pertunjukan kesenian.

“Kami terus berupaya mempromosikan wisata berlayar kepada ratusan pemilik kapal, pelaut, dan perusahaan bisnis asuransi kapal layar,” kata Vinsen.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, komunitas wisata minat khusus bahari itu ada banyak, karena itu harus dipromosikan dengan teliti dan masif. Menpar menyebut ada komunitas surfing, diving, sailing, yachting, cruising, dan sebagainya.

Arief Yahya menyatakan, wisata yachting merupakan salah satu bentuk wisata bahari yang berpotensi meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

“Kedekatan jarak antara Australia dan Selandia Baru dengan wilayah timur Indonesia menjadi salah satu alasan banyaknya kapal yacht Australia yang berkunjung ke Indonesia. Luas dan kayanya wilayah laut Indonesia menjadikan bangsa kita berpotensi besar untuk menjadi destinasi pariwisata bahari terkemuka di kawasan Asia Pasifik,” kata Arief Yahya.