Kementerian Pariwisata dan Propan adakan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017

Thursday, 03 August 17   29 Views   0 Comments   Harry Purnama
Sayembara Desain Restoran Nusantara

Pada 2 Agustus 2017, bertempat di Balairung Soesilo Sudarman, kantor Kementerian Pariwisata, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengumumkan pelaksanaan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017. Tujuan pelaksanaan sayembara ini adalah untuk mengembangkan 10 destinasi pariwisata  prioritas, terutama dalam hal amenitasnya. Selain itu, sayembara ini juga untuk menciptakan restoran yang ramah lingkungan dan mengangkat unsur lokal serta menjadi ciri khas Indonesia.

“Sayembara Desain Restoran Nusantara ini diharapkan nantinya akan menjadi rujukan bagi orang-orang yang akan membangun restoran di 10 destinasi pariwisata prioritas,” ujar Arief Yahya.

Penyelenggaraan sayembara ini hasil kerja sama antara Kementerian Pariwisata, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), dan PT Propan Raya. Hingga saat ini, telah ada 50 tim yang mendaftar sebagai peserta, dan jumlahnya akan terus bertambah. Mereka akan berlomba untuk memperebutkan total hadiah senilai Rp 1 miliar.

Yuwono Imanto, Direktur Propan Raya, mengatakan, penyelenggaraan Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 merupakan bagian dari Sayembara Desain Arsitektur Nusantara, dan ini merupakan sayembara yang kelima. Pada 2013, Propan Raya telah menyelenggarakan Sayembara Rumah Budaya Nusantara, lalu pada 2014 ada Sayembara Desa Wisata Nusantara, pada 2015 ada Sayembara Bandara Nusantara, pada 2016 ada Sayembara Desain Arsitektur Homestay Nusantara, dan pada 2017 adalah Sayembara Desain Restoran Nusantara.

“Sebagai salah satu amenitas yang dibutuhkan dalam pengembangan destinasi pariwisata, sebuah restoran selayaknya dapat memberikan kesan baik dari segi pelayanan maupun suasana ruangnya. Untuk itu desain harus mempunyai kesan tersendiri dari segi interiornya. Kesan-kesan tersebut dapat dibentuk pada elemen-elemen pembentuk dan pelengkap ruang yang merupakan unsur-unsur desain interior,” kata Hendra Adidarma, Presiden Direktur PT Propan Raya.

Sayembara  Desain Restoran Nusantara 2017 ini bersifat terbuka bagi sarjana arsitektur, baik anggota IAI maupun bukan anggota IAI, baik perorangan maupun kelompok. Sebanyak 30 finalis akan mendapatkan hadiah total Rp 1 miliar. Untuk pemenang  pertama mendapatkan hadiah sebesar Rp 50 juta, pemenang kedua Rp 30 juta, dan ketiga Rp 20 juta. Untuk pendaftaran dapat mengunjungi laman arsitekturnusantara.propanraya.com.

Juri Kehormatan dalam sayembara ini antara lain Yori Antar (Arsitek Profesional), Eko Alvares (Arsitek Profesional), Hary Santosa Sungkari (Deputi Bidang Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif), Joko Suyono (Praktisi dan Akademisi Bidang Restoran), Haryadi B. Sukamdani (Ketua Pengusaha Hotel dan Restoran Indonesia), dan Frans Teguh (Asdep Pengembangan Infrastruktur dan Ekosistem Pariwisata Kementerian Pariwisata).

Pengumuman pemenang Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017 akan dilakukan pada September 2017 dalam rangkaian kegiatan Hari Pariwisata Dunia, serta bersamaan dengan pengumuman pemenang Indonesia Sustainable Tourism Award 2017.