Kereta Api Supercepat Segera Hadir Di Indonesia

Friday, 14 August 15   0 Views   0 Comments   Venue

Dalam acara pembukaan Pameran Kereta Tercepat Tiongkok pada 13 Agustus 2015 di Senayan City, Perusahaan Kereta Api Tiongkok bersama BUMN Indonesia akan membangun high-speed railways (HRS) pada September 2015 sehingga bisa beroperasi pada 2018 mendatang. Kecepatan kereta ini bisa mencapai 350 km/jam.

“Kereta supercepat Jakarta-Bandung akan menjadi yang pertama beroperasi dengan kecepatan 350 kilometer/jam di luar Cina, di Asia, bahkan di seluruh dunia,” ungkap keterangan tertulis dari Kedubes Tiongkok seperti dikutipĀ Dream.

Pemerintah Tiongkok mengklaim proyek pembangunan kereta supercepat Indonesia akan menggunakan produk mereka. Bahkan, saat ini konsorsium Tiongkok dan Indonesia mengaku telah menyelesaikan studi kelayakan sesuai rencana yang dibuat. Indonesia akan menikmati 60 persen dari penghasilan kereta tercepat Tiongkok, sedangkan 40 persen akan masuk ke Tiongkok.

Tidak hanya dalam pembagian pendapatan, tapi keuntungan dari membangun kereta api tercepat di Indonesia akan menambah lapangan pekerjaan sebanyak 40.000 tenaga kerja setiap tahunnya. Kereta cepat ini tidak membakar BBM, melainkan menggunakan tenaga listrik sehingga secara substansial menghilangkan dampak negatif terhadap lingkungan dari polusi udara.

Hanya dengan membayar Rp200.000, calon penumpang dapat menggunakan kereta api cepat yang akan dioperasikan dengan rute Jakarta-Bandung yang hanya akan memakan waktu 36 menit. Kereta ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan lalu-lintas dan mempermudah mengakses Kota Bandung yang memiliki tempat wisata historis serta Jakarta sebagai pusat pertumbuhan bisnis di Indonesia.

Penulis: Reisha Pahlevi