KTO Jakarta Gandeng Garuda Indonesia untuk Datangkan Turis Indonesia

Friday, 13 January 17   11 Views   0 Comments   Venue

Jumlah kunjungan wisatawan Indonesia ke Korea Selatan pada 2016 yang tergolong tinggi tidak lantas membuat Korea Tourism Organization Jakarta berdiam diri. Badan promosi pariwisata Korea di Indonesia ini terus memutar otak untuk mengembangkan pasar Indonesia yang merupakan salah satu pasar wisata vital bagi Korea, salah satunya adalah menggandeng maskapai nasional Garuda Indonesia.

KTO Jakarta dan Garuda Indonesia telah sepakat untuk menjalankan kampanye gabungan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan FIT (Free Individual Traveler) ke Korea selama tahun 2017. Perencanaan kerja sama ini juga telah disahkan sebelumnya pada tanggal 17 Oktober 2016 melalui acara penandatanganan nota kesepahaman antara Presiden KTO dan VP Marketing Garuda Indonesia di Jakarta.

Melalui program ini, wisatawan FIT Indonesia berkesempatan untuk mendapatkan harga spesial yang disediakan Garuda Indonesia melalui situs resmi (www.garuda-indonesia.com) atau aplikasi Garuda untuk tiket PP Jakarta-Korea selama satu tahun penuh di tahun 2017, baik untuk kelas ekonomi maupun bisnis. Saat ini Garuda Indonesia terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Bandara Internasional Incheon Korea enam kali per minggu, dengan jadwal keberangkatan 23.35 WIB dan mendarat pada pukul 08.30 (waktu setempat).

KTO Jakarta juga akan menyediakan buku berisi kumpulan kupon potongan harga sampai dengan 50 persen yang dapat digunakan di berbagai atraksi pariwisata di Korea, serta melakukan promosi di media untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kerja sama ini. Selain itu, KTO Jakarta dan Garuda Indonesia juga berencana untuk mengadakan familiarization trip untuk media dan blogger pada tahun ini.

Pada tahun 2016, pertumbuhan pasar Indonesia ke Korea naik signifikan dengan kunjungan sekitar 300.000 wisatawan. Angka ini naik 53,2 persen dibandingkan kunjungan di tahun 2015 yang sebesar 198.000 dan merupakan kenaikan terbesar kedua di Asia Tenggara di bawah Vietnam yang sebesar 55 persen.

“Saat ini Indonesia berada di posisi 8-9 peringkat negara yang terbanyak mengunjungi Korea. Kami harap kerja sama dengan Garuda kali ini dapat semakin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Indonesia, khususnya wisatawan FIT ke Korea pada tahun 2017,” ujar Harry Oh Hyonjae, Direktur KTO Jakarta.

Penulis: Harry Purnama