Kunjungan Kapal Pesiar ke Bali Mengalami Penurunan

Thursday, 12 January 17   2 Views   0 Comments   Venue

PT Pelindo III, yang mengelola Pelabuhan Benoa di Bali, mengatakan bahwa delapan kapal pesiar melakukan pembatalan kunjungannya ke Bali pada tahun lalu. Faktor yang menyebabkan pembatalan tersebut adalah masalah keamanan atau cuaca.

Operator kapal pesiar P&O Australia Pacific Eden membatalkan kunjungannya ke Bali dengan alasan kondisi cuaca yang buruk di Bali, sedangkan Celebrity Solstice, Celebrity Millennium, dan Radiance of the Seas membatalkannya karena isu keamanan yang ada di Indonesia.

Hal tersebut menyebabkan penurunan kunjungan jumlah penumpang kapal pesiar ke Bali pada tahun lalu sebesar satu persen menjadi 68.060 orang. Data dari Kantor Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) menunjukkan bahwa pada 2015 jumlah penumpang kapal pesiar yang berkunjung ke Bali mencapai 68.713 orang. Pada 2017, jumlah kunjungan kapal pesiar diperkirakan meningkat 10 persen. Hal tersebut dibantu oleh perpanjangan dermaga pelabuhan yang akan memungkinkan untuk menangani kapal pesiar yang lebih besar.

Pelabuhan Benoa rencananya melakukan pengembangan terminal cruise seluas 56.766 meter persegi dengan kapasitas 12.000 orang. Untuk kunjungan kapal pesiar terhitung pada 2014 ada 49 unit kapal, dan pada 2015 tercatat 58 kapal pesiar.

Penulis: Ahmad Baihaki