Kutai Kartanegara Luncurkan Pusat Informasi Kebudayaan Dayak

Wednesday, 15 July 15   2 Views   0 Comments   Venue

Untuk mengenalkan keunikan budaya Suku Dayak yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kukar meluncurkan Pusat Informasi Kebudayaan Dayak dalam acara Erau International Folklore and Art Festival pada Juni Silam.  

Pusat Informasi Kebudayaan Dayak menempati tiga rumah Lamin (rumah tradisional Suku Dayak) yang berlokasi di Pulau Kumala, kawasan wisata yang berada di Kota Tenggarong. Pusat informasi ini akan menampilkan berbagai informasi terkait kebudayaan Suku Dayak, mulai dari sejarah, pakaian tradisional, kesenian, upacara adat, arsitektur bangunan rumah tradisional, sistem kekerabatan, hingga keseharian Suku Dayak yang ada di kabupaten Kukar. 

Menurut Sri Wahyuni, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara, Pusat Informasi Kebudayaan Dayak tersebut dibuka bagi wisatawan dan masyarakat umum yang ingin mengenal tentang Suku Dayak yang hidup di Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Keberadaan Pusat Informasi Kebudayaan Dayak ini juga menjadi solusi bagi wisatawan yang ingin mengenal Suku Dayak namun tidak memiliki banyak waktu jika harus mengunjungi desa wisata Suku Dayak yang ada di pedalaman Kabupaten Kukar,” terang Sri.

Sri menjelaskan bahwa peresmian pusat informasi kebudayaan ini merupakan tahap pertama dari tiga pusat informasi kebudayaan yang direncanakan akan ada di Kota Tenggarong. “Peresmian ini merupakan tahap pertama, dan ini merupakan inisiatif kami yang pendanaannya didukung oleh Perusahaan Kelistrikan Daerah dan Bank Kaltim,” ungkap Sri lagi.

Dalam Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara, menurut Sri,  akan ada tiga pusat informasi di Kukar, yakni untuk Suku dayak, Melayu-Kukar, dan pusat informasi tentang Kesultanan Kutai Kartanegara. Pusat Informasi Kebudayaan Melayu-Kukar akan dibangun di sekitar obyek wisata Waduk Sukarame, sementara Pusat Informasi Kesultanan Kutai Kartanegara akan ditempatkan di Kedaton Kutai Kartanegara.

Penulis: Erwin Gumilar