Lamandau Pelajari Kesuksesan Bali

Thursday, 22 October 15   1 Views   0 Comments   Venue

Sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia dan sukses merebut hati turis untuk datang dan datang lagi, Bali banyak dijadikan panutan oleh daerah lain untuk belajar bagaimana caranya menggaet turis. Salah satu daerah yang melakukannya adalah Kabupaten Lamandau di Kalimantan Tengah. Karena itulah, Pemerintah Kabupaten Lamandau berkunjung ke Bali untuk memperkenalkan destinasi dan obyek wisata yang dimilikinya kepada sekitar 70 biro perjalanan, media massa, dan sejumlah tokoh pariwisata Bali, termasuk Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung.

Menurut Charles Rakam Mamud, Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Lamandau, banyak potensi wisata di Lamandau yang pantas dipromosikan bagi para wisatawan domestik dan mancanegara, baik wisata alam maupun wisata budaya. Potensi wisata tersebut adalah air terjun Muhur, Silikan Tambai, Bukit Sebayan, air terjun Hulu Palikodan, Bukit Sampuraga, Riam Bahu Burung, Silikan Garung, dan Betang Bulau Saheban. Sementara itu, potensi wisata budaya yang dimiliki adalah Babukung, acara ritual kematian umat Hindu Kaharingan suku Dayak Tomun, Rumah adat Rumbang Pirak, dan Bebatan Laman, yaitu acara ritual selamatan desa dan pembersihan benda-benda pusaka masyarakat Dayak Tomun.

Dalam kesempatan itu Charles Rakam mengharapkan kedatangan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, ke Lamandau meningkat 5 persen-10 persen pada tahun ini. Ia mengungkapkan dari Januari-September 2015 sudah sekitar 60 wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke Lamandau. “Pada 2014 lalu wisatawan mancanegara yang datang mencapai 186 orang dan wisatawan domestik mencapai sekitar 300 orang. Kami berharap tahun ini akan lebih banyak lagi, dan pada 2016 mendatang kedatangan wisatawan dapat meningkat hingga 20 persen,” jelasnya.

Ditambahkannya kegiatan kunjungan ke Bali ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Lamandau.”Kami ini ibarat embrio dan kami berusaha untuk menawarkan potensi wisata alam yang kami punya di Lamandau. Dengan kunjungan ini pun kami juga ingin agar pembangunan pariwisata kami dapat seperti Bali,” katanya. (Baca juga: Perjalanan Wisman Di Asia Bertambah 100 Juta Orang)

Penulis: Nila Sofianty