Lampu Hijau Garuda Indonesia untuk ke Amerika

Thursday, 18 August 16   3 Views   0 Comments   Venue

Garuda Indonesia tidak lama lagi akan dapat terbang ke wilayah udara Amerika Serikat setelah Federal Aviation Administration (FAA) menaikkan level keamanan Indonesia. Awalnya, Indonesia termasuk dalam kategori keamanan tingkat 2, yang artinya standar keamanan Indonesia berada di bawah standar internasional yang telah ditetapkan oleh ICAO (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional). Karena itu, maskapai-maskapai udara dari Indonesia dilarang untuk terbang ke Amerika Serikat.

Namun, pada minggu ini, Federal Aviation Administration mengumumkan telah menaikkan standar keamanan Indonesia menjadi tingkat 1. Menyusul berita baik tersebut, maskapai nasional Garuda Indonesia juga telah menyatakan akan meluncurkan penerbangan perdananya ke Amerika Serikat.

Benny S. Butarbutar, Vice President of Corporate Communications Garuda Indonesia, mengatakan, Garuda ingin membuka rute penerbangan ke New York dan Los Angeles, dengan frekuensi sekitar dua hingga tiga kali per minggu. “Kami akan membuat jadwal penerbangan yang nyaman dengan para penumpang sehingga dapat memenangkan pasar rute baru tersebut,” ujar Benny.

Namun, tampaknya Garuda Indonesia tidak akan melayani penerbangan langsung. Kedua rute tersebut akan melakukan transit di Bandara Narita, Tokyo. Garuda akan menggunakan armada Boeing 777-300ER untuk rute ke Amerika Serikat tersebut, dengan konfigurasi tiga kabin.

Maskapai-maskapai dari Indonesia mulai dilarang untuk terbang ke Amerika Serikat pada tahun 2007, menyusul standar keamanan yang kurang memuaskan. Uni Eropa juga sempat melarang maskapai dari Indonesia untuk beroperasi ke daratan Eropa, tapi kebijakan tersebut telah dicabut sebagian pada tahun 2009 sehingga Garuda dapat terbang kembali ke Eropa.

Penulis: Harry Purnama