Lazada Luncurkan #upgradeUKM untuk Memajukan UKM Daerah

Thursday, 10 August 17   22 Views   0 Comments   Ahmad Baihaki
upgradeUKM lazada
Foto: Venuemagz/Ahmad

Lazada bersama Facebook dan SiCepat pada 9 Agustus meluncurkan program roadshow #upgradeUKM. Ini merupakan bagian dari inisiatif #KamuJugaBisa yang diluncurkan beberapa bulan lalu untuk memfasilitasi pengembangan potensi UKM lokal di berbagai daerah Indonesia. Melalui program ini, Lazada akan mengunjungi dan mengedukasi UKM-UKM di 11 kota.

Florian Holm, Co-CEO Lazada Indonesia, mengatakan, program roadshow #upgradeUKM bertujuan membantu para wirausahawan maupun UKM untuk memajukan bisnis mereka. Holm menambahkan, kegiatan ini juga wujud dukungan yang dilakukan oleh pemerintah dalam menciptakan peluang bisnis secara online. Ia menilai produk berkualitas tidak hanya ada di kota-kota besar, sebab UKM yang ada di daerah juga memiliki produk berkualitas. Salah satu upaya yang dilakukan Lazada untuk mempromosikan produk-produk dari daerah tersebut adalah memberikan ongkos kirim gratis, dan melalui hal tersebut diharapkan sekitar 30.000 UKM dapat memajukan bisnisnya.

Program #upgradeUKM akan memberikan edukasi, mengetahui permasalahan yang dihadapi, dan memberikan solusinya. Melalui program ini, diharapkan bagi yang memiliki usaha secara offline mampu menjangkau konsumen lebih luas secara online. Dan bagi yang sudah memiliki usaha skala kecil dapat meningkatkan kapasitas usahanya menjadi menengah dan lebih besar lagi, tidak hanya mencakup pasar lokal, tapi juga diharapkan mampu menyasar pasar global.

Joshua Puji Mulia Simandjuntak, Deputi Pemasaran Bekraf, mengatakan, berjualan secara online di era digital ini merupakan bagian dari industri kreatif. Karena itu, Bekraf mendukung kegiatan roadshow #upgradeUKM ini untuk merangkul UKM yang ada di daerah dalam bentuk pelatihan, branding, packaging, maupun pemasaran agar dapat bersaing.

“Kami menyambut positif roadshow yang dilakukan Lazada agar UKM yang ada di daerah dapat memajukan bisnisnya secara online,” kata Joshua.

Adapun kegiatan dalam roadshow #upgradeUKM diselenggarakan seminar dan forum edukasi mengenai industri e-commerce dan ekosistem digital beserta potensi-potensi yang dapat diraih para wirausahawan, termasuk para pedagang dan UKM setempat.