London Mencatat Rekor Kunjungan Turis

Monday, 26 October 15   0 Views   0 Comments   Venue

Lonjakan pariwisata di London terus meningkat pada kuartal kedua 2015, di mana London mencatatkan rekor kunjungan 5,1 juta wisatawan mancanegara pada April hingga Juni 2015. Menurut kantor National Statistics International Passenger Survey (IPS), angka tersebut itu enam persen lebih banyak dibandingkan periode yang sama pada tahun 2014.

Pengeluaran turis pada periode tersebut juga mencapai 3,2 miliar poundsterling, meningkat delapan persen dibandingkan kuartal kedua di 2014. Selama lima tahun terakhir (2009-2014), jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke London meningkat hingga 22,5 persen.

Secara keseluruhan, para periode April hingga Juni 2015, kunjungan wisatawan mancanegara ke Inggris Raya mencapai 9,9 kunjungan, meningkat lima persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2014. Lebih dari separuh dari total kunjungan wisatawan ke Inggris tersebut adalah menuju London. Pengeluaran turis di seluruh Inggris Raya pada periode ini adalah 5,8 miliar poundsterling, meningkat tujuh persen dibandingkan kuartal kedua 2014.

Sepanjang tahun 2014, ada 17,4 juta wisatawan mancanegara yang berkunjung ke London dengan pengeluaran mencapai 11,8 miliar poundsterling untuk membayar restoran, penginapan, dan atraksi wisata. Pada awal 2015 ini, London dinobatkan sebagai destinasi wisata paling populer di dunia oleh MasterCard dalam laporan Global Cities Index. Menurut laporan tersebut, London diperkirakan menyambut 18,82 juta turis internasional selama 2015 sehingga menempatkannya di depan Bangkok dan Paris.

Boris Johnson, Wali Kota London, mengatakan, “Angka tersebut menunjukkan bahwa London adalah tempat yang paling layak dikunjungi di dunia. Orang-orang datang dari berbagai belahan dunia untuk menikmati sejarah, budaya, belanja, dan event internasional di London. Dengan adanya Piala Dunia Rugby tentunya akan mengundang lebih banyak lagi wisatawan asing datang ke London.” (Baca juga: Standar Hotel Untuk Wisatawan Muslim Diluncurkan)

Penulis: Harry Purnama