Malaysia Airlines Promosikan Wisata Medis

Tuesday, 05 April 16   2 Views   0 Comments   Venue

Malaysia Airlines telah menandatangani Memorandum of Understanding (MOU) dengan Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) untuk mempromosikan wisata medis di Malaysia dan menjadikan Malaysia sebagai tujuan wisata medis internasional.

MOU ini ditandatangani oleh Paul Simmons, Chief Commercial Officer Malaysia Airlines, dan Sherene Azli, CEO Malaysia Healthcare Travel Council, dalam sebuah upacara yang disaksikan oleh Menteri Malaysia Kesehatan, Dr. S Subramaniam.

Maskapai nasional Malaysia ini akan menjadi sponsor utama bagi Malaysia Healthcare Travel Council, di mana Malaysia Airlines akan memberikan tiket gratis bagi fam trips wisata medis ke Malaysia, serta memberikan potongan harga bagi turis yang akan melakukan wisata medis ke Malaysia.

Azli mengatakan, Malaysia Healthcare Travel Council bertujuan memosisikan Malaysia sebagai tujuan kesehatan utama regional maupun global. Karena itu, ia berharap pemerintah mau memberikan dukungan dan jaminan perawatan kesehatan yang berkualitas.

Menurut sebuah laporan yang dirilis pada akhir Januari oleh konsultan Frost & Sullivan, meningkatnya permintaan untuk perawatan kesehatan swasta akan terus mendorong ekspansi di industri wisata medis Malaysia, meskipun terjadi persaingan dan tantangan ekonomi global yang akan menghambat pertumbuhan.

Melansir dari media International Living, Malaysia merupakan tempat paling populer untuk wisata medis di Asia Tenggara dengan harga yang terjangkau. Pada tahun 2012, lebih dari 80 persen turis wisata medis di dunia melakukan perjalanan ke Malaysia, Thailand, dan Singapura. Di Malaysia sendiri, kota utama yang menjadi tujuan wisata medis adalah Penang dan Kuala Lumpur. Pada 2013, 25 juta wisatawan asing mengunjungi Malaysia, dengan perkiraan 1 juta turis datang wisata medis.

Penulis: Ahmad Baihaki