Melbourne, Kota Konvensi Kesehatan Dunia

Friday, 29 January 16   3 Views   0 Comments   Venue

Di antara para penyelenggara konvensi kesehatan, Melbourne sebagai ibu kota negara bagian Victoria merupakan jaminan kesuksesan penyelenggaraan konvensi. Pasalnya, dalam dua tahun terakhir, konvensi kesehatan berprofil tinggi selalu diadakan di kota itu. Lima konvensi kesehatan milik Acute Post Acute Care Service (APAC) saja mampu menghadirkan 35.000 profesional kesehatan. Angka itu saja sudah cukup mengesankan, tetapi statistik kehadiran internasional bahkan lebih mengejutkan: 75 persen dari peserta berasal dari luar Australia. 

Sukses Melbourne bukanlah kisah sukses instan. Butuh persiapan yang hebat agar peserta konvensi dapat puas dengan jadwal acara, baik sebelum maupun setelah acara. Pasalnya, profesional medis memiliki keterbatasan dalam penggunaan uang dari sponsor mereka??yang umumnya perusahaan farmasi. 

“Dengan basis anggota APAC yang besar dan reputasi Melbourne, konvensi kesehatan menjadi peluang untuk memenuhi tujuan asosiasi agar kehadiran mereka terasa di dunia,” ujar Karen Bolinger, CEO Biro Konvensi Melbourne (MCB). Ia mengaku bekerja untuk mengembangkan hubungan yang kuat dengan asosiasi dan masyarakat di seluruh wilayah untuk membantu menghubungkan dan mendorong segala kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan. 

Kunci kesuksesan Melbourne menjadi destinasi konvensi bidang kesehatan karena mereka memiliki “Tim Melbourne” yang terus melakukan penawaran dan mendukung konferensi internasional. Mereka menyadari kesuksesan memerlukan dukungan luas dan kolaborasi untuk mencapai tujuan. MCB terus memfasilitasi kolaborasi ini dengan menyatukan negara bagian, Kota Melbourne, dan Melbourne Convention and Exhibition Centre (MCEC). 

MCB juga bekerja sama dengan pemasok industri dan akademisi pada berbagai tahap untuk menarik konvensi kesehatan. Setelah memenangkan bidding, kerja sama diperlukan untuk memastikan segalanya berjalan mulus. Dengan demikian, MCB memastikan tahapan pemasaran hingga tahap kegiatan semuanya berjalan dengan baik. 

Kolaborasi MCB dengan host lokal, yang merupakan perwakilan dari panitia lokal, termasuk Club Melbourne Duta, memainkan peran penting dalam menarik konferensi besar ke Melbourne. Program ini mengundang para pemangku asas, termasuk komunitas ilmiah Melbourne hingga penelitian HIV yang dipimpin oleh Duta Besar Club Melbourne Profesor Sharon Lewin, yang merupakan faktor utama dalam upaya sukses Melbourne saat menggelar konvensi AIDS 2014.

Penulis: Ludhy Cahyana