Memikat Cina dengan Program E-Visa

Thursday, 14 April 16   0 Views   0 Comments   Venue

Peluncuran program visa elektronik (e-visa) oleh pemerintah Malaysia kepada turis Cina diharapkan dapat meningkatkan jumlah kedatangan grup meeting dan insentif dari Cina, juga untuk mencapai target kunjungan dua juta turis Cina pada tahun ini. Peluncuran program e-visa pada 1 Maret 2016 tersebut akan membantu upaya Malaysia Convention & Exhibition Bureau (MyCEB) dalam mendatangkan lebih banyak perjalanan insentif dari Cina ke Malaysia.

Datuk Zulkefli Hj. Sharif, Chief Executive Officer MyCEB, mengatakan, “Partisipasi keenam kalinya MyCEB pada IT&CM dan peluncuran program e-visa akan membantu untuk meningkatkan kedatangan wisatawan bisnis dari Cina pada tahun ini. Selain itu, hal tersebut juga akan membantu untuk mencapai target kunjungan 30,5 juta wisatawan mancanegara dan penerimaan devisa pariwisata RM103 miliar pada 2016. Pada 2015, ada 49 grup insentif dengan total 18.461 delegasi yang datang ke Malaysia.”

Kombinasi program Malaysia Twin Deal dari MyCEB dan program e-visa diharapkan dapat memperkuat posisi Malaysia dan memberikan nilai lebih kepada para penyelenggara acara dari Cina untuk melaksanakan event-nya di Malaysia.

Pada 2015, Malaysia menyambut beberapa grup insentif dari Cina dengan jumlah besar, seperti dari Perfect China Group dengan 6.000 delegasi dan Infinitus dengan 5.182 delegasi. Hal itu menjadi pertanda bahwa Malaysia mampu menangani grup-grup insentif dalam jumlah besar.

MyCEB didirikan pada 2009 oleh Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan Malaysia untuk memperkuat posisi Malaysia sebagai destinasi MICE internasional. Selain itu, MyCEB juga bertugas membantu para penyelenggara meeting dan event di Malaysia untuk melakukan bidding acara-acara MICE internasional agar diadakan di Malaysia. Tujuan utama MyCEB adalah menaikkan peringkat Malaysia di ICCA (International Congress and Convention Association).

Penulis: Harry Purnama