Perluasan Bisnis Artotel Indonesia dalam Payung Artotel Group

Thursday, 14 September 17   11 Views   0 Comments   Harry Purnama
Artotel Group

Artotel Indonesia, perusahaan manajemen perhotelan yang fokus pada hotel berkonsep seni, pada 4 September 2017 berganti nama menjadi Artotel Group. Perubahan nama tersebut menandakan transformasi dan perluasan bisnis yang dikelola, antara lain di bidang hospitality, event management, dan curated merchandise.

Sejak berdiri pada 2011, Artotel Indonesia memiliki visi dan semangat untuk memperkenalkan seni kontemporer Indonesia kepada para tamu hotel. Kini, setelah berubah menjadi Artotel Group dan memiliki beberapa lini bisnis baru, visi dan semangatnya ditingkatkan untuk lebih memperkenalkan komunitas kreatif lokal Indonesia ke masyarakat luas dan dunia.

Di bidang hospitality, Artotel Group akan membawahi unit bisnis di industri perhotelan dan makanan-minuman, antara lain Artotel yang bergerak di bidang hotel, Bobotel yang merupakan hotel bujet yang berada di kota-kota utama dan sekunder, Curated Collection yang merupakan hotel butik setara dengan hotel berbintang lima, serta Artotel Beach Club (ABC) yang bergerak di industri makanan-minuman.

Bobotel mengusung konsep kenyamanan dalam beristirahat tanpa mengeluarkan dana yang banyak karena harga Bobotel hanya meliputi kebutuhan kamar tanpa sarapan atau F&B lainnya. Rencana pembangunan Bobotel adalah di Kelapa Gading pada 2017, serta pada 2018 di Tanjung Pinang, Lombok, Bekasi, dan Slipi – Jakarta. Sementara itu, untuk Curated Collection akan berada di Canggu Bali dan Lombok.

Artotel Beach Club pertama yang akan segera dibuka pada akhir tahun 2017, yakni Artotel Beach Club Sanur – Bali yang berlokasi di Jalan Danau Tamblingan 35, Sanur.  Artotel Beach Club diharapkan dapat menjadi sebuah lokasi untuk bersantai dan menikmati indahnya pantai Sanur dengan pilihan menu makanan dan minuman yang dikurasi dengan baik secara internal. ARTOTEL Beach Club juga cocok untuk anak-anak karena konsepnya yang ramah untuk keluarga.

Di lini bisnis yang kedua, yakni event management, Artotel Group melahirkan unit Artotel Project Series (APS). Melalui Artotel Project Series, Artotel Group menawarkan jasa konsultasi kepada publik untuk penyelenggaraan event seni, seperti pameran seni dan berbagai workshop bertemakan seni dan kreativitas. Selain itu, Artotel Project Series juga menawarkan jasa konsultasi pencarian seniman muda Indonesia untuk para pebisnis yang ingin menambahkan unsur seni di setiap properti mereka, baik untuk hotel, restoran, apartemen, perkantoran, maupun rumah pribadi.

Di lini bisnis yang terakhir, yakni curated merchandise, Artotel menghadirkan brand ART of Life (AOL) yang merupakan merchandise resmi oleh Artotel Indonesia yang telah diproduksi sejak 2016. Merchandise yang diproduksi adalah produk-produk berkarakter seni yang bisa dipakai untuk sehari-hari dengan harga yang terjangkau.

Selain memproduksi merchandise, ART of Life juga membuka kesempatan kepada seniman dan perajin untuk menjual karya-karyanya dengan sistem konsinyasi melalui situs resmi ART of Life di www.aolbyartotel.com maupun gerobak ART of Life yang berada di setiap properti hotel Artotel.

“Transformasi dan pengembangan bisnis Artotel Indonesia menjadi Artotel Group diharapkan dapat mengakomodasi permintaan semua pasar akan kebutuhan perhotelan di Indonesia dan perusahaan ini menjadi terdepan dalam memperkenalkan komunitas kreatif lokal pada dunia. Pembangunan beberapa properti yang sedang berlangsung dari brand Bobotel, Artotel, Curated Collection, hingga ABC akan memperluas titik penyebaran properti Artotel Group di Indonesia. Diharapkan ekspansi ARTOTEL Group juga dapat merambah regional Asia,’’ ujar Erastus Radjimin, CEO Artotel Group.