Pertamina Ikut Berpartisipasi Merevolusi Bisnis MICE

Tuesday, 24 January 17   21 Views   0 Comments   Venue

Demi menyukseskan bisnis MICE, Ego Global Network kembali menyelenggarakan Indonesia Professional Organizer Summit (IPOS) edisi ke-4 pada 23-24 Januari 2017. Selain acara inti berupa table top, IPOS juga menghadirkan diskusi Smart Forum pada hari pertama. Salah satu pembicara yang diundang adalah Dicky Nurlieyanto, Travel & Accommodation Analyst PT Pertamina EP.

Dicky mengatakan, untuk pertama kalinya PT Pertamina EP turut hadir di acara MICE seperti ini. Menurutnya, IPOS menjadi sebuah ajang penting untuk mendapatkan peluang bagi setiap perusahaan  dalam menjalin mitra bisnis di Industri MICE.

“Dengan mengikuti penyelenggaraan IPOS, perusahaan kami dapat memperluas dan menemukan rekan bisnis baru yang bisa diajak kerja sama memajukan perusahaan kami,” kata Dicky.

Meskipun PT Pertamina bergerak di bidang minyak dan gas bumi, Dicky menilai para buyer dan seller yang hadir akan mendapatkan peluang untuk bekerja sama menjalin bisnis di sektor MICE, sebab Pertamina sendiri sering mengadakan meeting dan konferensi di bidang minyak dan gas. Selain itu, Pertamina juga dapat membantu mendorong pertumbuhan industri MICE yang merupakan produk turunan dari pariwisata. Dicky mengatakan, 90 persen kegiatan meeting Pertamina yang diadakan di hotel dianggapnya turut membantu kemajuan industri MICE.

“Perlu diketahui bahwa orang-orang melakukan perjalanan wisata biasanya pada weekend. Sementara itu, kalau perusahaan yang mengadakan kegiatan MICE, bisa melakukan perjalanan hingga satu minggu, bahkan lebih. Dan dapat dikatakan industri MICE ini memiliki peranan penting untuk memajukan wisatawan insentif,” kata Dicky.

Dicky berharap para seller dari hotel dan event organizer tidak hanya menawarkan harga terbaik, tapi juga menawarkan kreativitas yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam melakukan kegiatan MICE.

Indonesia Profesional Organizer Summit 2017 diadakan di hotel JS Luwansa Jakarta. Perhelatan IPOS yang keempat kalinya ini mengangkat tema “MICE Revolution: Now or Never”. IPOS 2017 menghadirkan 50 buyer dan 50 seller, dengan 64 persen buyer diisi oleh wajah-wajah baru dan 42 persen seller juga baru pertama kali ikut IPOS. Buyer yang berpartisipasi berasal dari perusahaan EO, PCO, event planner, biro perjalanan insentif, wedding organizer, dan agen perjalanan. Sementara itu, seller yang hadir berasal dari perusahaan manajemen perhotelan, individual hotel, venue MICE, perusahaan transportasi, dan supplier perlengkapan pameran atau meeting.

Penulis: Ahmad Baihaki