Popularitas Morotai bagi Wisatawan Lansia dari Jepang

Tuesday, 24 January 17   8 Views   0 Comments   Venue

Pulau Morotai merupakan salah satu destinasi yang populer di wilayah Timur Indonesia bagi wisatawan mancanegara maupun domestik. Morotai memiliki keunggulan di wisata bahari dan sejarah, karena itu tak heran apabila Pulau Morotai menjadi sasaran para pencinta wisata pantai dan sejarah. Hal tersebut diungkapkan oleh Didien Junaedy, Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI).

Didien mengatakan, Pulau Morotai saat ini menjadi tujuan wisata yang sedang naik daun bagi turis asal Jepang, terutama para lansianya. Selain untuk bersantai, para lansia dari Jepang tersebut berkunjung ke Morotai untuk mengenang sejarah Perang Dunia II yang berlangsung di Pulau Morotai. Di Pulau Morotai terdapat Monumen Teruo Nakamura, prajurit Jepang yang menjadi tentara sukarela Kekaisaran Jepang sebagai pasukan khusus perang gerilya untuk mempertahankan Kepulauan Morotai dari gempuran tentara sekutu.

“Lama tinggal wisatawan lansia tersebut biasanya antara empat hingga enam bulan. Para turis lansia dari Jepang umumnya menyukai wisata pantai dan alam, karena itu banyak wisatawan lansia asal Jepang yang memilih Pulau Morotai untuk menikmati pantai dan pemandangan alam yang indah,” ujar Didien.

Pokja 10 destinasi prioritas Pulau Morotai mencatat, pada 2015 kunjungan wisman ke Morotai sekitar 1.000 wisman, dan pada 2016 ditargetkan mencapai 2.750 wisman. Pada tahun ini, jumlah kunjungan wisman tersebut ditargetkan naik menjadi 11.000 wisman.

Penulis: Ahmad Baihaki