Promo Besar-Besaran Dari Korea MICE Bureau

Wednesday, 07 October 15   1 Views   0 Comments   Venue

Korea Selatan menambahkan lebih banyak “pemanis” terhadap strategi promosi dan pemasarannya untuk menyasar regional ASEAN dan Cina. Tujuannya adalah untuk memulihkan kunjungan MICE ke Korea Selatan yang pasca merebaknya MERS sempat turun hingga separuhnya.

“Beberapa promosi yang dilakukan oleh Korea MICE Bureau adalah melakukan serangkaian roadshow, mengundang fam trip, voucher gratis, potongan harga bagi wisatawan bisnis dan leisure, serta beragam jenis insentif dan suvenir akan diberikan,” ujar Keehun Kim, Direktur Eksekutif Korea MICE Bureau.

Selain itu, Korea Convention Bureau juga mengadakan diskon belanja besar-besaran di seluruh Korea Selatan, dengan sekitar 30.000 pusat perbelanjaan menawarkan diskon hingga 31 Oktober 2015.

Kim mengatakan, banyak grup MICE internasional membatalkan penyelenggaraan acaranya pada bulan Juni dan Juli, tapi setelah wabah MERS dinyatakan usai, bisnis MICE di Korea Selatan pulih dengan cepat, dan beberapa grup MICE mulai kembali mengadakan acaranya di Korea. Salah satu contoh perkembangan positifnya adalah pada Mei tahun 2016 Korea Selatan akan menjadi tuan rumah dua event besar: Rotary International Convention dengan 50.000 partisipan, termasuk 22.000 partisipan dari luar negeri, serta kunjungan sebuah grup multilevel marketing dari Nanjing, Cina, dengan 15.000 partisipan.

Industri MICE menyumbang delapan hingga sembilan persen dari total kunjungan ke Korea Selatan. Kunjungan ke Korea Selatan turun 41 persen pada bulan Juli dan 53 persen pada Agustus dibandingkan periode yang sama pada 2014. Pada bulan Agustus sendiri, total kedatangan turun sekitar 20 persen.

Akibat merebaknya MERS, Korea Selatan menurunkan target kunjungan wisatawan ke negaranya dari 15,5 juta menjadi 15 juta wisman pada tahun ini, tapi angka itu tetap lebih tinggi daripada total kunjungan wisman pada 2014 yang mencapai 14,2 juta wisman.

Penulis: Harry Purnama