Raja Ampat Kembangkan Wisata Petualangan di Misool

Thursday, 07 September 17   17 Views   0 Comments   Ahmad Baihaki
Pulau Misool
Foto: Dok. Pemerintah Kabupaten Raja Ampat

Raja Ampat, surga kecil di Timur Indonesia, kini memperkenalkan potensi wisata adventure di Pulau Misool yang berada di bagian selatan kepulauan Raja Ampat. Pulau Misool merupakan salah satu dari empat pulau besar yang ada di Raja Ampat, dengan luas 2.034 kilometer persegi.

Klasina Rumbekwan, Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat, mengatakan, destinasi wisata Raja Ampat tidak melulu diving. Akan tetapi, wisatawan juga bisa melakukan kegiatan adventure. “Ya, selama ini orang-orang hanya tahu kalau Raja Ampat bagus untuk diving. Kami menciptakan tren petualangan,” papar Ina, panggilan akrab Klasina Rumbekwan.

Ina menjelaskan, Raja Ampat memiliki banyak potensi wisata, termasuk di sisi selatan. Wisatawan bisa berkunjung ke destinasi di Misool yang memiliki panorama atas dan bawah laut yang menawan. “Di sana lagi tren trekking dengan mendaki bukit menyaksikan laguna berbentuk hati,” imbuh Ina.

Ada dua laguna di Pulau Misool, yakni di Karwapop dan Balbulol. Untuk menyaksikan laguna berbentuk hati itu para wisatawan terlebih dahulu harus trekking di medan yang cukup terjal dan harus melewati batu-batu karst yang cukup tajam. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati wisata danau di dalam pegunungan karst yang penuh dengan ubur-ubur tak bersengat. Jadi, Raja Ampat tidak melulu diving, ada yang lebih seru dan menantang.

Ina menambahkan, untuk akses menuju Pulau Misool dari kota Sorong hanya empat jam menggunakan kapal cepat, atau apabila menggunakan kapal lain bisa ditempuh empat hingga delapan jam. Ina mengungkapkan, wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat paling banyak dari Amerika.

“Karena memang kami sering mengikuti acara Dema (Diving Equipment and Marketing Association) di Amerika, jadi sebaliknya mereka juga datang ke Raja Ampat,” kata Ina.