Raja dan Sultan Nusantara akan Promosikan Indonesia

Wednesday, 12 July 17   29 Views   0 Comments   Ahmad Baihaki
Silatnas Raja dan Sultan
Foto: Venuemagz/Ahmad

Demi melestarikan sejarah dan kebudayaan kerajaan-kerajaan di Indonesia, Forum Raja Sultan, Datu, dan Ratu akan mengadakan Silaturahmi Nasional (Silatnas) Raja dan Sultan Nusantara ke-V di Gedung Nusantara DPR RI pada 27 hingga 28 Juli 2017.

Upu Latu M.L Benny Ahmad Samu-Samu, Sekjen Badan Pengurus Silatnas Raja dan Sultan Nusantara sekaligus Raja Samu-Samu dan Van De Laatste Von Koning Stamboom, mengatakan, tujuan diadakannya Silatnas 2017 adalah untuk menyatukan para raja, sultan, dan datu, termasuk pewaris dan penerus. Selain itu, silaturahmi ini juga bertujuan mengembalikan jati diri atau identitas raja dan sultan hingga penerusnya di Indonesia.

“Akan ada raja-raja nusantara yang langsung datang ke acara Silatnas, mulai dari raja di Sulawesi hingga Papua. Jadi, bukan orang Papua atau Sulawesi yang sudah ada di Jakarta yang hadir, tapi langsung dari daerahnya. Nanti juga ada tamu kebangsaan dari 22 negara,” ujar Upu Latu.

Upu Latu menjelaskan, di Indonesia mulai dari abad ke-1 hingga abad ke-18 memiliki 732 kerajaan. Pada Silatnas 2017 akan diikuti 202 raja, sultan, datu, dan ratu termasuk pewaris dan penerus kerajaan dan kesultanan dari seluruh Indonesia. Adapun tamu kenegaraan yang akan hadir antara lain dari Miami, Florida, Amerika, Jerman, Rusia, Korea,  Filipina, dan Malaysia.

Hari Untoro Drajat, Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata, mengatakan, keberadaan Raja dan Sultan di Indonesia bisa menjadi tujuan wisata dunia. Jadi, sekarang ini yang perlu diangkat bukan hanya fisik bangunan seperti istana kerajaan, keraton, dan sebagainya yang ada di Indonesia, tetapi mendukung penuh melalui atraksi budaya.