Raka-Raki Jawa Timur 2017 akan Promosikan Wisata di Jawa Timur

Friday, 31 March 17   5 Views   0 Comments   Venue

Perhelatan final Raka-Raki Jawa Timur diadakan pada 27 Maret 2017 di Grand City Convention Hall Surabaya. Ajang pemilihan duta wisata Jawa Timur tahun ini diikuti 37 kabupaten dan kota di Jawa Timur. Perwakilan yang berhalangan adalah dari Kabupaten Sumenep Madura.

Selama proses karantina yang berlangsung tiga hari, 37 pasangan Raka-Raki disaring menjadi 10 besar finalis. “Selama karantina, para peserta Raka dan Raki 2017 mendapatkan pembelajaran mengenai public speaking dan public relation,” ujar Kurniawan, Ketua IRARI (Ikatan Raka Raki) Jawa timur.

Ida Aju Brahmasari, Ketua Dewan Juri Raka-Raki Jawa Timur 2017, mengatakan, kriteria penilaian pemenang meliputi tiga hal, yakni pengetahuan, keahlian komunikasi, dan penampilan setiap peserta. Pada malam grand final, perwakilan asal Kota Malang, Yosie Kristanto, terpilih menjadi Raka Jawa Timur 2017, dan Vany Firia, perwakilan dari Kabupaten Sidoarjo, terpilih menjadi Raki Jawa Timur 2017.

Kurniawan berharap kegiatan ini tidak hanya seremonial semata, tapi juga akan menghasilkan duta wisata yang dapat memberikan kontribusi nyata di bidang pariwisata. Salah satunya adalah menjalankan program Jambore nasional duta wisata se-Indonesia yang memperkenalkan keunggulan wisata daerah masing-masing.

Jarianto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, mengatakan, pasangan Raka dan Raki Jawa Timur tahun ini juga akan diintegrasikan dengan industri pariwisata secara menyeluruh.

Penulis: Jefri Yulianto