San Francisco, Destinasi MICE Termahal di Amerika Serikat

Tuesday, 05 April 16   0 Views   0 Comments   Venue

San Francisco sekali lagi menjadi kota termahal di Amerika Serikat bagi para wisatawan bisnis. Laporan terbaru dari majalah Business Travel News melakukan pengukuran terhadap 100 kota besar di Amerika Serikat. Pengukuran dilakukan dengan melihat jumlah uang yang dikeluarkan oleh wisatawan bisnis. Hasil dari laporan tersebut menunjukkan bahwa kenaikan harga kamar hotel tertinggi‚??yakni 22,5 persen dari 2014 ke 2015‚??ada di kota Detroit.

Harga rata-rata kamar hotel di Detroit adalah US$198, sementara itu harga rata-rata kamar hotel di San Francisco adalah US$370 per hari. Jika harga kamar hotel, sewa kendaraan, dan biaya makan dijumlahkan semuanya, San Francisco menjadi kota yang termahal bagi wisatawan bisnis di mana setiap wisatawan bisnis harus mengeluarkan uang US$547 per hari.

Joe Brancatelli, pengamat wisata bisnis, mengatakan, tingginya harga properti di San Francisco menjadi penyebab utama mahalnya harga kamar hotel. “Ketika sebuah perusahaan akan menentukan lokasi meeting, mereka akan mencoba menghemat uang dengan memilih hotel yang murah atau hanya mengirim sedikit karyawan ke destinasi yang mahal seperti San Francisco,” ujar Brancatelli.

Meskipun menjadi kota tujuan MICE termahal, pada 2015 San Francisco mencatatkan rekor kunjungan wisatawan asing sebanyak 24,6 juta orang, meningkat 2,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Berita baiknya adalah harga sewa kendaraan tetap stabil pada 2015, yakni sekitar US$47 per hari.

Penulis: Harry Purnama