Sea World dan Ancol Didominasi Turis Timur Tengah

Monday, 28 March 16   0 Views   0 Comments   Venue

Sebagai salah satu obyek wisata yang paling ramai Jakarta, ternyata Ancol juga ramai dikunjungi oleh wisatawan asing. Tercatat, sebanyak 6.000 wisatawan mancanegara menikmati wahana-wahana yang ada di Ancol. Uniknya, dari semua turis yang berkunjung, 90 persen didominasi oleh wisatawan dari Timur Tengah.

“Kunjungan wisatawan dari Timur Tengah itu meningkat signifikan sejak tahun 2011,” ujar Rika Lestari, Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. “Paling ramai adalah di bulan September, meskipun setiap bulan juga ada saja yang berkunjung.”

Para turis Timur-Tengah tersebut rata-rata datang sebagai keluarga muda atau pasangan. “Atraksi yang mereka cari berupa pantai dan wahana pertunjukan hewan dan ikan seperti di Sea World ini,” ucap Rika.

Menurut Rika, peningkatan turis Timur Tengah ini terjadi akibat sulitnya akses mereka berkunjung ke negara-negara di Eropa. Selain itu, Indonesia dikenal ramah untuk wisata syariah serta biaya yang lebih murah.

Namun, Rika mengatakan, pihak Ancol tidak membuat strategi khusus untuk menarik kunjungan wisatawan Timur Tengah ini. “Tetapi kami menyediakan satu orang petugas di bagian informasi yang mampu berbahasa Arab,” ujar Rika.

Penulis: Mikhail