SIA akan Terbang Langsung dari Indonesia ke Australia

Wednesday, 28 September 16   4 Views   0 Comments   Venue

Singapore Airlines mengumumkan rencana ekspansi yang signifikan dalam operasionalnya di Indonesia, termasuk meluncurkan penerbangan langsung dari Jakarta ke Sydney. Rute baru tersebut, yang masih menunggu persetujuan regulasi, diperkirakan akan diluncurkan pada 23 November 2016. Rute tersebut akan beroperasi tiga kali dalam seminggu, yakni pada hari Senin, Rabu, dan Jumat, menggunakan armada tipe Boeing 777. Penerbangan tersebut selanjutnya akan menyambung antara Singapura dan Jakarta.

Singapore Airlines juga berencana memperluas operasional Singapura-Jakarta dengan tambahan delapan penerbangan per minggunya, empat di antaranya (hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu) berangkat dari Singapura pada pukul 13.50, dan kembali dari Jakarta pada pukul 15.35. Sementara itu, empat penerbangan sisanya (pada hari Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu) akan lepas landas dari Singapura pada pukul 20.15 dan meninggalkan Jakarta pada 22.25.

Saat ini, Singapura-Jakarta merupakan rute yang tersibuk dalam jaringan Singapore Airlines, dengan 63 penerbangan per minggunya atau dengan kata lain sembilan penerbangan per hari. Dengan adanya tambahan tersebut, Singapore Airlines mengoperasikan 71 penerbangan mingguan di rute tersebut, dan hal tersebut akan meningkat menjadi 74 penerbangan jika ditambahkan dengan tiga penerbangan dari Sydney.

Sydney juga merupakan destinasi utama dalam jaringan Singapore Airlines, dengan 31 penerbangan mingguan dari dan ke Singapura, plus tiga penerbangan dari Jakarta.

“Indonesia dan Australia telah menjadi destinasi paling populer di jaringan penerbangan kami. Dari tingginya permintaan tersebut, kami sangat senang untuk memberikan lebih banyak pilihan dengan adanya rute Jakarta-Sydney,” ujar Tan Kai Ping, Senior Vice President of Marketing Planning Singapore Airlines.

Rute Jakarta-Sydney akan berangkat dari Jakarta pada pukul 22.25 setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat, lalu tiba di Sydney pada pukul 09.30 keesokan harinya. Penerbangan kembali dari Sydney berangkat setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pada pukul 11.00 dan tiba di Jakarta pada pukul 14.35.

Dengan pembukaan rute baru tersebut, Singapore Airlines akan berkompetisi dengan Qantas dan Garuda Indonesia di rute Jakarta-Sydney.

Penulis: Harry Purnama