Singapura Pikat Wisatawan MICE dengan Beragam Aktivitas

Monday, 19 December 16   30 Views   0 Comments   Venue

Selain menjadi tujuan wisata yang sangat populer, Singapura juga menjadi tuan rumah bagi ratusan konferensi dan meeting internasional setiap tahunnya. Hal itu berkat fasilitas MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) yang mumpuni dan lokasinya yang sangat strategis di kawasan Asia.

Sektor BTMICE (Business Travel, Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) merupakan salah satu kontributor utama dari penerimaan negara dari sektor pariwisata. Pada tahun 2014, Singapura menyambut 3,2 juta wisatawan bisnis dengan pengeluaran mencapai S$5,2 miliar, belum termasuk pengeluaran untuk jalan-jalan dan entertainment.

Secara keseluruhan, sektor MICE memiliki peran penting terhadap industri pariwisata Singapura yang terus konsisten meskipun terjadi perlambatan ekonomi dunia. Berdasarkan data dari Economic Impact Analysis (EIA), industri MICE menyumbang S$3,7 miliar atau sekitar 1,1 persen terhadap PDB Singapura pada 2012.

Dengan segala fasilitas yang dimiliki dan pelayanan yang diberikan, tak heran apabila Singapura menjadi tujuan kegiatan MICE di Asia dan dunia. Berdasarkan data dari ICCA (International Congress and Convention Association), pada tahun 2014 Singapura mendapatkan predikat 7th Top City in the World dan peringkat pertama di Asia yang telah diperoleh selama 13 tahun berturut-turut. Sementara itu, UIA (Union Of International Associations) memberikan peringkat ketiga Top International Meeting Country dan peringkat pertama Top International Meeting City.

Suatu kegiatan konferensi maupun meeting internasional umumnya tak dapat dilepaskan dari kegiatan post-tour yang bersifat santai dan menyenangkan, tapi tanpa melupakan unsur kebersamaan. Singapura pun memiliki beragam obyek wisata dan kegiatan yang dapat dilakukan usai rapat yang melelahkan. Beberapa di antara lokasi tersebut bahkan dapat digunakan untuk menjadi lokasi pengembangan tim, atau hanya sekadar bersantai memanja lidah untuk menikmati kuliner setempat.

Menariknya, tempat-tempat tersebut berada tidak jauh dari pusat MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition). Jadi, tak perlu menghabiskan waktu yang lama untuk menuju lokasi-lokasi tersebut. Berikut ini adalah beberapa lokasi dan kegiatan menarik di Singapura yang dapat melengkapi kegiatan bisnis Anda.

1.      Melarikan diri dari igloo di Singapore Sports Hub

Tim Anda harus bekerja sama untuk dapat keluar dari igloo. Kegiatan ini dapat memacu adrenalin dan menantang para anggota tim untuk bekerja secara terpadu di bawah tekanan, dengan ritme yang cepat, tapi tetap memberikan kegembiraan.

www.sportshub.com.sg

www.thinkoutevents.com

 

2.      Menyatu dalam budaya Peranakan

Usai rapat, Anda juga dapat belajar bagaimana membuat masakan khas Peranakan. Anda juga dapat membangkitkan rasa budaya anggota tim Anda lewat kunjungan ke The Intan, museum Peranakan yang telah berusia 150 tahun, dan juga ke rumah Alvin Yapp yang menghadirkan budaya Peranakan lewat koleksinya.

www.the-intan.com

www,grandmothersrecipes.com.sg

www.at-sunrice.com

 

3.      Membangkitkan kreativitas lewat seni

Siapkan tim Anda untuk berkunjung ke National Gallery yang notabene memadukan arsitektur kuno dan modern. Di sini, Anda dapat mengunjungi bekas gedung Balai Kota Singapura dan bekas gedung Mahkamah Agung Singapura.

www.nationalgallery.sg

 

4.      Menjadi pakar parfum

Untuk mengisi waktu luang di sela-sela jadwal pertemuan, Anda dapat mengikuti pelatihan membuat parfum yang 100% alami dan halal, berasal dari 400 macam bahan.

www.jetaime-singapore.com

 

5.      Bernapas dan bersantai

Usai kegiatan yang menegangkan di dalam ruang, cobalah untuk rihat sejenak menikmati yoga, musik, dan tari di sekitar Soulscape. Atau, Anda juga dapat ke Jurong Lake dan mencoba Tai Chi di tengah-tengah tenangnya taman bernuansa Cina dan Jepang. www.soulscape.sg

 

6.      Menjelajahi Teluk

Ajaklah tim Anda ke sebuah perjalanan menarik di sekitar Marina Bay dan Singapore River sambil turut serta dalam kegiatan pengembangan tim.

www.marinabaysands.com

 

7.      Bernostalgia sambil naik becak di Singapura

Untuk menikmati suasana masa lalu, cobalah untuk naik becak dan nikmati perjalanan di jalanan utama Singapura atau di sekitar rute FORMULA 1. www.book.trishawuncle.com.sg

 

8.      Pengalaman rapat dan makan dalam bus

Ini merupakan salah satu produk yang menarik di Singapura. Di Singapore GOURMET, Anda dapat wisata keliling kota sambil menikmati makan siang atau makan malam. Interiornya didesain seperti sebuah restoran yang dilengkapi dengan fasilitas rapat untuk mendukung kegiatan bisnis Anda.

www.gourmetbus.com.sg

 

9.      Wisata budaya sambil berjalan kaki

Tur sambil berjalan kaki ini mengajak Anda untuk menemukan permata yang tersembunyi yang ada di Singapura, antara lain di “Joo Chiat/Katong Food Walk”, “Red Clogs Down the Five Foot Way” (di Chinatown) dan “Dhobis, Saris and a Spot of Curry” (di Little India)

www.betelboxtours.com

www.journeys.com.sg

 

10.  Menjelajahi Alam nan hijau

Di Singapura, Anda juga dapat menikmati udara sejuk di kawasan MacRitchie Reservoir yang merupakan sebuah hutan serapan air. Di sini, Anda dapat berjalan melintasi jembatan TreeTop Walk sepanjang 250 meter sambil menikmati keindahan flora dan fauna yang hidup di kawasan tersebut. Sebagai alternatif, Anda juga bisa bersepeda sejauh 26 kilometer melalui North Eastern Riverine Loop yang menghubungkan empat taman sekaligus. www.nparks.gov.sg

 

11. Menyusuri pulau-pulau

Bosan di daratan? Cobalah menyusuri pulau Sisters, St. John, atau Pulau Kusu. Untuk menjadikan trip Anda lebih bermakna, Anda dapat berwisata sambil melakukan aktivitas pembersihan hutan dan pantai di Pulau Ubin.

www.islandcruise.com.sg 

http://cookerymagic.com/

 

12. Pengalaman kuliner yang unik

Singapura juga memiliki konsep bersantap yang unik, seperti di Lewin Terrace yang menyajikan kuliner khas Singapura di masa kolonial. Ada juga Tamarind Hill untuk menikmati perpaduan menu khas Thailand dan Myanmar. Ada pula SuperTree by Indochine yang menyajikan jamuan unik di Gardens by the Bay yang memadukan makanan khas Indochina dan Barat. 

www.lewinterrace.com.sg

www.tamarindrestaurants.com

http://indochine-group.com

 

13. Menyatu dengan alam

Di National Orchid Garden, Anda dapat mengagumi lebih dari 2.000 tanaman yang ada di Singapore Botanic Garden sambil melakukan aktivitas pengembangan tim.

www.sbg.org.sg

 

14. Night Safari

Di Night Safari, Anda tak hanya dapat menyaksikan beraneka ragam hewan pada malam hari, tapi juga dapat menikmati makan malam mewah di atas Tram “Gourmet Safari” . Anda juga dapat memilih paket Safari Adventurer Tour untuk mendengarkan kisah dan fakta penting mengenai hewan-hewan malam.

www.nightsafari.com.sg

 

15. Sesi memasak yang menyenangkan

Tantang dan dorong tim Anda untuk bekerja sama dalam kompetisi Global Kitchen Challenge yang dipandu oleh kru dari Cookyn-inc.

www.cookyn-inc.com

 

16. Singapore City Gallery

Galeri ini menawarkan pengalaman untuk mempelajari perjalanan Singapura sebagai sebuah negara serta memahami transformasi fisiknya yang sangat mengagumkan.

www.ura.gov.sg         

 

17. Petualangan Megazip Adventure Park

Kumpulkan tim Anda di Mount Imbiah untuk menyusun agenda petualangan di Mega Adventure, Pulau Sentosa. Kegiatan ini mencakup kegiatan tim building dengan 450 meter zip line, 36 tantangan tali tinggi, free fall simulator ParaJump dengan ketinggian 15 meter, dan panjat dinding. www.megaadventure.com     

 

18. Menjelajahi Kampong Glam

Kampong Glam merupakan pusat peninggalan budaya Melayu di Singapura. Di sini, Anda tidak hanya dapat mempelajari sejarah dan budaya Melayu, tetapi juga menikmati wisata kuliner Melayu. Jika ingin berbelanja, pergilah ke Haji Lane.

www.rubydottrails.com

Penulis: Harry Purnama