Soccsksargen Disambangi 3,16 Juta Wisatawan

Tuesday, 08 March 16   1 Views   0 Comments   Venue

Kunjungan wisatawan ke Region 12 (Soccsksargen), Filipina, menyentuh angka 3,16 juta pada 2015, atau naik 18 persen dibandingkan tahun 2014. Menurut Departemen Pariwisata (DOT) Soccsksargen, angka itu merupakan capaian tertinggi dalam empat tahun terakhir. Sebagai informasi, Soccsksargen merupakan kesatuan dari empat provinsi di Mindanao Tengah, yang terdiri dari South Cotabato, Cotabato, Sultan Kudarat, Sarangani, dan General Santos.

Nelly Nita Dillera, Direktur DOT Soccsksargen, mengatakan, dari angka itu, sekitar 53.861 di antaranya adalah wisatawan mancanegara (wisman) yang juga bertumbuh dibandingkan tahun 2014 sebesar 31.861. Dillera menyebutkan, sebagian besar wisman yang menyambangi Soccsksargen berasal dari Amerika Serikat dan Korea Selatan.  

“Capaian itu melampaui target yang kami pancang pada 2015 sebesar 2,8 juta wisatawan. Ada pertumbuhan 11,5 persen atau sekitar 360.000 wisatawan dari target. Ini menunjukkan bahwa Soccsksargen merupakan kawasan yang aman untuk disambangi,” kata Dillera.

Peningkatan kunjungan wisatawan ke Soccsksargen, diakui Dillera, ditopang oleh strategi promosi dan pemasaran DOT yang mengusung tagline #HelloParadise. Selain itu, sepanjang 2015 juga terjadi pertumbuhan event MICE sebesar 9.698. Pertumbuhan itu terbilang progresif, mengingat pada 2014 Soccsksargen hanya mengumpulkan 399 event MICE. Kondisi tersebut, imbuhnya, turut mendongkrak tingkat hunian kamar hotel dari 38 persen pada 2014 menjadi 41 persen pada tahun lalu. 

Tahun ini, kata Dillera, pihaknya akan menggelar Treasures of SOX: a Travel and Trade Expo di Glorietta Mall, Ayala Center, Makati City. “Acara ini didukung empat provinsi dan lima kota yang tergabung dalam Soccsksargen, serta pelaku industri pariwisata dan usaha mikro, kecil, dan menengah,” ujarnya.

Penulis: Siska Maria Eviline