Strategi Meningkatkan Jumlah Wisatawan Singapura

Monday, 09 November 15   12 Views   0 Comments   Venue

Dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan dari Singapura, Kementerian Pariwisata menyelenggarakan promosi Wonderful Indonesia pada 6-8 November 2015 di West Gate Shopping Mall, Jurong East, Singapura. Melalui event ini, berbagai produk pariwisata Indonesia seperti wisata alam, budaya, dan buatan manusia diperkenalkan.

Untuk menarik banyak pengunjung, paviliun Indonesia dibangun dengan konsep tradisional kontemporer bertema Bali. Di paviliun ini, berbagai pertunjukan budaya ditampilkan, seperti tari tradisional, fashion show batik, duet permainan Sasando dengan violin, demonstrasi batik, serta permainan anak. Beberapa tarian tradisional yang ditampilkan adalah Tari Cendrawasih dari Bali, Tari Lenggang Nyai dari Betawi, Tari Marpangir dari Batak, Lenso dari Manado, Dadas Penaluh dari Dayak, dan Tari Bajidor dari Jawa Timur.

Antusiasme pengunjung semakin besar ketika kopi-kopi nusantara dibagikan kepada pengunjung yang mengisi survei online. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat memperoleh suvenir hanya dengan mengunggah foto aktivitasnya di Paviliun Indonesia ke media sosial, yang selanjutnya berkesempatan untuk mendapat lucky draw berhadiah paket wisata liburan ke Indonesia.

Dipilihnya Singapura sebagai tempat promosi pariwisata Indonesia bukan tanpa alasan. Sebagaimana diketahui bahwa target kunjungan wisman ke Indonesia tahun 2015 sebanyak 10 juta orang, dengan Singapura, Malaysia, China, Australia, dan Jepang sebagai lima negara penyumbang jumlah kedatangan wisman ke Indonesia terbanyak. Dengan begitu, Singapura merupakan negara dengan potensi terbesar dalam menjaring wisman yang datang ke Indonesia.

Sebagai negara tujuan wisata, Singapura juga merupakan negara “hub” dalam jaringan transportasi internasional. Hal ini menyebabkan wisatawan dari berbagai negara menyempatkan tinggal untuk menikmati sarana dan prasarana di Singapura. Tentunya, promosi Indonesia di Singapura diuntungkan dengan adanya kesempatan untuk memperkenalkan potensi pariwisata bukan hanya pada wisatawan Singapura, tapi juga wisatawan dari berbagai negara. (Baca juga: India Membidik 1 Juta Turis Inggris)

Penulis: Harry Purnama