Strategi Meningkatkan Kunjungan Ke Singapura

Wednesday, 02 March 16   6 Views   0 Comments   Venue

Melambatnya laju pertumbuhan ekonomi sekaligus melemahnya nilai tukar rupiah di tahun lalu ternyata ikut berdampak pada jumlah kunjungan wisatawan Indonesia ke Singapura. Singapore Tourism Board (STB) menyatakan bahwa jumlah kunjungan wisatawan Indonesia ke Singapura pada tahun 2015 mencapai 2,63 juta. Angka ini turun sekitar 10 persen dari kunjungan rata-rata wisatawan Indonesia setiap tahun yang mencapai tiga juta orang. Artinya, jumlah pendapatan pariwisata dari wisatawan Indonesia menurun sampai 21 persen.

Selain Indonesia, pendapatan pariwisata dari turis Australia dan Malaysia juga mengalami penurunan masing-masing sebesar 10 dan 26 persen. Sementara, pendapatan pariwisata dari Jepang dan Britania Raya naik sekitar enam dan empat persen. Data lainnya, jumlah kunjungan wisatawan dari Cina, India, Korea Selatan, dan Taiwan mengalami peningkatan.

“Penurunan jumlah kedatangan wisatawan dari Indonesia ke Singapura sebesar 10 persen mencerminkan sentimen perjalanan outbound dari Indonesia secara keseluruhan disebabkan antara lain kondisi ekonomi yang penuh tantangan dan fluktuasi nilai rupiah. Namun, Singapura tetap menjadi tujuan wisata yang menarik bagi masyarakat Indonesia, khususnya selama Lebaran dan periode festival-festival akhir tahun,” ujar Raymond Lim, Area Director Singapore Tourism Board di Indonesia.

Oleh karena itu, Singapore Tourism Board meluncurkan sejumlah strategi untuk menghadapi tahun 2016. Strategi ini antara lain, pertama, mempererat jalinan kerja sama dengan media dan industri terkait. Kedua, melakukan promosi ke secondary city di Indonesia dengan melakukan roadshow ke Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan. Terakhir, mengembangkan promo untuk mendorong tumbuhnya pelancong bisnis sekaligus mendorong korporat untuk menjadikan Singapura sebagai destinasi insentif.

Sekadar informasi, sepanjang tahun 2015 Singapore Tourism Board telah mendukung sekitar 350 business events, menarik banyak acara meeting dan insentif yang kelima di antaranya berskala besar sehingga mampu membawa lebih dari 25.000 peserta. Tahun ini, Singapore Tourism Board memproyeksikan pendapatan dari sektor pariwisata berkisar US$22 miliar sampai US$22,4 miliar dengan jumlah kedatangan pengunjung internasional sekitar 15,2 juta sampai 15,7 juta. Salah satu langkah promosi Singapore Tourism Board sepanjang tahun 2016 ialah dengan meluncurkan buku panduan atau kampanye berjudul “52 Akhir Pekan di Singapura”.

Penulis: Johana