TCEB dan UNWTO Selenggarakan ASEAN Conference on MICE

Friday, 30 September 16   17 Views   0 Comments   Venue

Thailand Convention and Exhibition Bureau (TCEB) bekerja sama dengan UNWTO menyelenggarakan ASEAN Conference on MICE untuk meningkatkan pengetahuan dan kebijakan terbaru di sektor MICE. Selain itu, konferensi ini juga bertujuan mendorong peningkatan kunjungan wisatawan MICE ke regional ASEAN.

Nopparat Maythaveekulchai, Presiden TCEB, mengatakan, “Promosi industri MICE di Thailand sejalan dengan 20 Tahun Rencana Strategis Nasional (2017-2036) yang memprioritaskan kolaborasi di antara negara-negara ASEAN dan organisasi internasional. Sejak 2015, TCEB telah menjadi anggota afiliasi UNWTO untuk menjalin koneksi dan menjadi bagian dari jaringan dunia sehingga berdampak pada sektor MICE kami.

Untuk pertama kalinya di Thailand, ASEAN Conference on MICE diselenggarakan sebagai salah satu strategi ASEAN untuk menyediakan platform untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya sektor MICE. Konferensi ini juga akan menjalin koneksi intra-ASEAN untuk meningkatkan kualitas, standar infrastruktur, dan fasilitas untuk mengakomodasi kebutuhan wisatawan MICE dari seluruh dunia.

Kegiatan ini akan menghadirkan 270 delegasi dari organisasi pemerintah dan swasta, serta operator MICE dari seluruh regional. Hal tersebut secara tak langsung akan mempromosikan Thailand sebagai destinasi MICE berkualitas di ASEAN.

Wiparat Tharateerapab, Director of Government and Corporate Affairs TCEB, mengungkapkan visi 10 Tahun Strategi Pariwisata ASEAN (2016-2025) adalah menjadikan ASEAN destinasi MICE dan pariwisata yang unik, beragam, berkelanjutan, serta berkontribusi terhadap ekonomi-sosial masyarakat ASEAN pada tahun 2025.

Xu Jing, Regional Director untuk Asia Pasifik UNWTO, mengatakan bahwa industri MICE di ASEAN tumbuh sangat cepat. Ia memprediksi pada tahun 2018 ASEAN akan menyambut lebih dari 12 juta wisatawan MICE dari sekitar 119 juta wisatawan di seluruh dunia.

ASEAN Conference on MICE ini berlangsung pada 28 September 2016, dengan narasumber penting yang hadir antara lain Xu Jing, Sekjen National Economic and Social Development Board Dr. Porametee Vimolsiri, CEO Melbourne Convention Bureau Karen Bollinger, dan Presiden Singapore Association of Convention and Exhibition Organisers and Suppliers (SACEOS) Janet Tan-Collis.

Penulis: Harry Purnama