TCEB Perkuat Thailand Sebagai Pusat Pendidikan MICE Di ASEAN

Wednesday, 15 July 15   2 Views   0 Comments   Venue

Untuk memperkuat posisi sebagai pusat pendidikan MICE, maka Thailand Convention & Exhibition Bureau (TCEB) meluncurkan lima kunci pembangunan MICE  tahun 2015, yakni pengembangan kurikulum MICE, MICE academic exchange program, program melatih pengajar, MICE academic cluster, dan akademi MICE.

“Guna lebih mempermudah program ini, kami melakukan kerja sama dengan operator bisnis MICE dan lembaga pendidikan di seluruh negeri untuk mempersiapkan sekitar 20.000 lulusan baru yang siap melayani industri MICE,” ungkap Nopparat Maythaveekulchai, Presiden TCEB, dikutip dari prnewswire.com.

Nopparat mengatakan, untuk itu TCEB menjalankan salah satu kunci pengembangan MICE tahun 2015 dengan menyelenggarakan MICE Academy & Career Day. “Event ini diadakan untuk memberikan kesempatan kerja bagi kaum muda yang mengejar karir di industri MICE. Selain itu, kami juga mengundang event organizer sukses untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada lulusan baru yang akan memasuki pasar kerja MICE,” katanya.

Acara ini memiliki berbagai kegiatan menarik, seperti workshop yang dihadiri 150 instruktur kursus dari 78 lembaga negara, seminar yang dihadiri EO-EO di Thailand, dan pameran yang diikuti 37 perusahaan terkemuka di industri MICE.

Menurut Nopparat, sejauh ini TCEB telah menerima dukungan yang kuat dan kerja sama dari sektor pemerintah dan swasta, terutama untuk pengembangan kurikulum MICE standar internasional atau MICE 101 yang dimulai pada tahun 2012 dan telah menjadi program lembaga pendidikan di seluruh Thailand.

“Dengan dukungan itu, sudah ada lebih dari 80 lembaga nasional dengan kurikulum MICE, di mana masing-masing dapat menghasilkan 50-60 lulusan baru setiap tahun sehingga secara keseluruhan perkiraan ada sekitar 5.000 siswa lulus untuk melayani pasar MICE setiap tahun, dan tahun 2015 diperkirakan akan memiliki sekitar 20.000 lulusan baru,” ujarnya.

Nopparat mengatakan, TCEB akan terus berfokus pada pengembangan pendidikan, di mana tujuannya untuk membuat kurikulum MICE tingkat sarjana dan pascasarjana serta tersedia di lembaga akademis nasional.

“Selain itu, kami akan konsen terhadap peningkatan lulusan MICE dengan dukungan mitra asing di sektor pendidikan. Semua langkah yang kami ambil ditujukan untuk menjadikan Thailand sebagai pusat pendidikan MICE di ASEAN,” tutupnya.

Penulis: Pasha Ernowo