Thailand Menawarkan Visa Multiple-Entry

Friday, 07 August 15   0 Views   0 Comments   Venue

Thailand akan segera menawarkan visa multiple-entry bagi wisatawan yang datang dari negara mana saja. Hal itu dilakukan oleh Pemerintah Thailand dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Thailand. Koran Nation melaporkan bahwa Menteri Olahraga dan Pariwisata Thailand, Kobkarn Wattanavrangkul, mengatakan bahwa pada minggu ini kabinet Thailand sedang memproses skema tersebut, yang diperkirakan sudah dapat diimplementasikan dalam 60 hari ke depan.

Saat ini, turis dari 57 negara ditawarkan visa gratis single visit untuk dapat masuk ke Thailand, dengan jangka waktu tinggal antara 14 hari hingga 90 hari, tergantung dari kewarganegaraan. Namun, dengan adanya skema baru yang akan diumumkan oleh Kobkarn, wisatawan mancanegara dapat masuk ke Thailand beberapa kali dalam jangka waktu enam bulan tanpa harus mengajukan visa lagi setiap kali masuk ke Negara Gajah Putih ini. Pemerintah Thailand berencana mematok tarif THB5.000 atau sekitar US$142 untuk visa enam bulan tersebut.

Program baru tersebut akan membawa Thailand sejajar dengan negara ASEAN lainnya, dan pemberlakuan visa multiple-entry tersebut diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke region Asia Tenggara. Ini merupakan pengumuman kedua terkait visa yang dilakukan oleh Thailand. Sebelumnya, minggu lalu Pemerintah Thailand mulai menawarkan visa gratis kepada penduduk Myanmar yang masuk melalui bandara di Thailand.

Thailand saat ini sedang berusaha untuk pulih dari kekacauan politik yang terjadi pada tahun 2014 yang berujung pada menurunnya tingkat kunjungan turis asing. Berdasarkan laporan terbaru yang dikeluarkan oleh Kementerian Olahraga dan Pariwisata, Thailand kedatangan total 15,8 juta wisatawan asing selama periode Januari dan pertengahan Juli 2015, meningkat 30 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Pendapatan internasional juga meningkat 30 persen menjadi THB741.12 triliun. Pemerintah Thailand saat ini menargetkan kunjungan 28 juta wisatawan mancanegara selama tahun 2015. (Baca: Thailand Targetkan Rp41,323 Triliun Dari MICE Pada 2015)

Penulis: Harry Purnama