Tiga Maskapai Penerbangan Menambah Jumlah Kursi Selama Lebaran

Monday, 06 July 15   1 Views   0 Comments   Venue

Hari Raya Idul Fitri sudah di depan mata, dan diprediksi ratusan bahkan ribuan penduduk di kota-kota besar, terutama di DKI Jakarta, akan melaksanakan ritual umum yang sering dilaksanakan setahun sekali, yakni pulang kampung. Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyatakan bahwa pada tahun ini akan menambahkan jumlah moda transportasi yang akan digunakan pulang kampung, antara lain untuk bus meningkat dari 43.015 pada 2014 menjadi 44.871 bus, kapal RO-RO juga meningkat dari 174 menjadi 187, kereta api meningkat dari 293 menjadi 340, dan pesawat meningkat dari 430 menjadi 450.

Khusus jenis transportasi pesawat terbang, setiap maskapai juga melakukan penambahan jumlah kursi, baik itu dengan menggunakan pesawat yang lebih besar atau ada penambahan jadwal penerbangan. Beberapa maskapai yang sudah pasti akan melakukan penambahan jumlah kursi adalah Garuda Indonesia, Citilink, dan AirAsia.

Selama periode Lebaran, Garuda Indonesia menyiapkan 21.754 kursi tambahan. Jumlah kursi tambahan itu cukup untuk melakukan penerbangan pada H-8 hingga H+10 Lebaran. Dari 21.754 kursi tambahan itu terbagi atas 13.582 kursi dari pengoperasian pesawat yang lebih besar, serta 8.172 kursi melalui tambahan penerbangan.

Sementara itu, maskapai Citilink menyiapkan 226 penerbangan untuk 12 kota tujuan. Seperti yang dikutip dari Okezone.com, CEO Citilink Albert Burhan mengatakan Citilink menyiapkan 35 pesawat untuk 36 flight selama persiapan Lebaran. Pada hari biasa, Citilink terbang sebanyak 190 flight ke seluruh Indonesia. Karena itu, selama periode 2 Juli hingga 27 Juli 2015, Citilink akan melayani 226 flight per hari.

Maskapai asal Malaysia, AirAsia, juga tak mau ketinggalan untuk menambah kursi selama Lebaran. Total ada 12.600 kursi penerbangan tambahan disediakan oleh AirAsia selama periode tersebut melalui penambahan frekuensi penerbangan. Rute-rute yang mengalami peningkatan frekuensi penerbangan adalah Jakarta-Surabaya, Jakarta-Bali, dan Jakarta-Yogyakarta. Tak hanya untuk mengakomodir para pemudik Lebaran, AirAsia juga berusaha untuk mengakomodir masyarakat yang hendak berlibur selama Lebaran, yakni dengan cara menambahkan frekuensi penerbangan dari Jakarta ke Singapura.

Dari 23 Juli hingga 5 Agustus 2015, untuk rute Jakarta-Surabaya, Jakarta-Yogyakarta, dan Jakarta-Singapura akan bertambah frekuensinya dari empat kali sehari menjadi lima kali dalam sehari. Sementara itu, untuk rute Jakarta-Bali akan bertambah dari enam kali sehari menjadi delapan kali sehari.

Dengan adanya banyak tambahan kursi selama periode Lebaran tersebut, para calon penumpang tak perlu takut lagi kehabisan tiket untuk pulang ke kampung halaman maupun untuk pergi berlibur bagi yang tidak melaksanakan ritual pulang kampung.

Penulis: Reisha Pahlevi