Trade with Remarkable Indonesia Keliling di Budapest

Thursday, 16 June 16   4 Views   0 Comments   Venue

Budapest memiliki sistem transportasi angkutan umum yang baik, seperti di kota-kota Eropa lainnya. Untuk mengunjungi obyek wisata yang ada di Budapest maupun menuju pusat kota, para turis maupun penduduk dapat menggunakan transportasi umum unggulan Budapest, yaitu tram.

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia melalui Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Budapest memanfaatkan tram tersebut untuk memperkenalkan Indonesia di kawasan Eropa Timur dan Eropa Tengah. Tram menjadi salah satu media promosi yang sangat efektif karena setiap hari selalu digunakan oleh penduduk setempat.

Pada 7 Juni 2016, iklan “Trade With Remarkable Indonesia” mulai terpampang di badan tram berwarna kuning nomor 6 tujuan Sze-Kalmanter-Moricz Zsigmondter. “Kami berharap dengan adanya iklan ini nama Indonesia tidak hanya semakin dikenal, tetapi produk-produk di Indonesia akan semakin banyak yang masuk ke Budapest, baik di kawasan Eropa Tengah dan Timur,” ujar Hikmat Rijadi, Kepala ITPC.

Hikmat menjelaskan, iklan seperti ini diperkirakan dilihat lebih dari 5 juta orang, baik penduduk lokal maupun wisatawan asing di Budapest. Tram ini akan menyusuri jalan-jalan utama di Budapest 24 jam nonstop selama kurang lebih 1,5 bulan ke depan.

“Kami memulainya di Budapest karena Budapest merupakan Parisnya Eropa Timur. Namun, tidak menutup kemungkinan iklan yang sejenis akan muncul di berbagai negara seperti di kawasan ini,” kata Hikmat.

Tram Budapest terdiri atas enam gerbong, dan di setiap gerbong terdapat pesan khusus yang disampaikan kepada warga Budapest. Pada gerbong pertama, pesan yang disampaikan adalah Indonesia salah satu negara yang memiliki hampir seluruh kekayaan alam yang ada di Bumi (full of natural resource). Gerbong kedua menampilkan pesan produk-produk Indonesia yang tepercaya dan memiliki kualitas tinggi (trustable and high quality). Kemudian gerbong ketiga berisikan pesan bahwa produk yang dihasilkan Indonesia sangat beragam (diverse product). Gerbong keempat menampilkan pesan bahwa produk Indonesia ramah lingkungan dan berkesinambungan (green and sustainable). Gerbong kelima menampilkan pesan produk Indonesia sangat mudah dijumpai di kota Budapest melalui kantor ITPC Budapest (easily and available). Dan di gerbong keenam, promosi bagi para pebisnis Hongaria untuk melihat lebih dekat produk-produk ekspor Indonesia pada event Trade Expo Indonesia yang digelar pada 12-16 Oktober 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Tram dengan tagline “Trade with Remarkable Indonesia” merupakan bagian dari strategi promosi dan image branding. Selain iklan di tram, Indonesia juga aktif melakukan promosi, baik menggunakan media konvensional seperti koran, majalah, banner, dan stasiun metro maupun menggunakan media digital seperti media online maupun media sosial.

Penulis: Ahmad Baihaki