Turis Golf India Inginkan Bebas Visa Dan Penerbangan Langsung

Friday, 11 September 15   0 Views   0 Comments   Venue

Pada 10 September 2015 lalu, turnamen golf Ballantine’s Team-Am Golf Challenge yang mengundang 240 pegolf asal India resmi ditutup. Dalam upacara penutupannya, para turis India ini menyatakan kepuasannya bermain di Indonesia dan tentunya keinginan untuk kembali lagi ke negara ini.

Dalam upacara penutupan sekaligus gala dinner di Segarra Beach Club, Ancol, turis-turis asal India tersebut mengungkapkan kesan-kesannya selama bermain golf di Indonesia, tepatnya di Bogor dan Jakarta. Menurut mereka ada beberapa hal yang dirasa perlu diperbaiki untuk menarik lebih banyak turis India ke Indonesia.

“Kami sangat senang dengan suasana bermain golf di Jakarta dan Bogor. Cuacanya bersahabat, padang golfnya pun sangat menantang dan cocok untuk turnamen. Ditambah lagi biayanya cukup murah dibanding negara-negara lain,” kata Madhav Misra, Direktur Golftripz, agen wisata yang membawa pegolf India ini ke Indonesia.

Ia mengungkapkan, biasanya pegolf India bermain di Thailand, tapi kini mereka mulai mencari destinasi alternatif lain. “Bedanya Indonesia dengan Thailand adalah di Thailand padang golf yang berskala internasional tersebar di berbagai wilayah, sedangkan di Indonesia hanya di sekitar Jakarta dan Bali. Namun, di luar hal itu, Indonesia sangat bisa berkompetisi dengan Thailand,” tambahnya.

Sementara itu, menurut Adella Raung, Deputi Direktur untuk Pemasaran Internasional Kementerian Pariwisata, pemerintah optimistis dapat menarik 100.000 wisatawan golf asing ke Indonesia tahun ini. “Tak hanya dari India, tapi juga dari Oman, Cina, dan negara-negara Asia Pasifik lainnya sudah siap untuk didatangkan ke Indonesia tahun ini,” ujarnya. (Baca juga: Incar Turis India Melalui Event Golf)

Khusus turis golf asal India, Kementerian Pariwisata menargetkan sebanyak 250 wisatawan hingga akhir tahun ini. Namun, untuk mencapai target tersebut, ada beberapa hal yang harus dilakukan. “Yang menjadi perhatian utama adalah masalah visa dan penerbangan. Saat ini kami sedang proses supaya turis India bebas visa masuk ke Indonesia dan mudah-mudahan segera bisa terwujud dalam waktu dekat,” tutur Adella.

“Sementara itu, untuk penerbangan, kami juga akan meminta pada maskapai-maskapai nasional untuk membuka rute langsung dari India ke Indonesia,” tambah Adella. Saat ini memang untuk ke Indonesia dari New Delhi atau Mumbai, turis India harus transit di Singapura atau Kuala Lumpur terlebih dahulu.        

Event golf internasional 6th Ballantine’s Team-Am Golf Challenge dilangsungkan pada 7-11 September 2015. Para pegolf telah bertanding di tiga lapangan golf ibu kota, yakni di Imperial Golf Club, Rancamaya Golf Club, dan Royale Jakarta Golf Club.

Penulis: Hanifah Mutiara Sylva