Turis Singapura Paling Banyak Pelesir ke Luar Negeri

Wednesday, 25 October 17   10 Views   0 Comments   Harry Purnama
Ilustrasi wisatawan di bandara
Indonesia menjadi salah satu negara yang paling banyak dikunjungi turis Singapura. Foto: Dok. Venue

Hasil penelitian Travel and Tech Study dari Agoda menunjukkan bahwa wisatawan dari Singapura rata-rata melakukan 3,1 perjalanan internasional dalam 12 bulan terakhir. Angka tersebut menjadikan wisatawan Singapura yang paling banyak melakukan perjalanan ke luar negeri dibanding tetangganya di Asia Pasifik, seperti Malaysia, Filipina, Australia, Indonesia, dan Thailand—semuanya rata-rata melakukan 1,1 hingga 1,7 perjalanan ke luar negeri dalam satu tahun terakhir.

Untuk perjalanan wisata domestik, Thailand dan Filipina merupakan yang paling banyak melakukan perjalanan wisata di dalam negeri mereka sendiri dengan angka 5,1 dan 4,4 perjalanan wisata dalam 12 bulan terakhir. Indonesia dan Malaysia membuntuti sangat dekat dengan rata-rata 3,9 dan 3,4 perjalanan wisata domestik, sedangkan Australia dan Singapura hanya 2,7 dan 1,1 perjalanan wisata domestik.

Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Singapura—yang terkenal pencinta kuliner dan belanja—lebih mudah bepergian ke luar negeri memanfaatkan negaranya yang merupakan hub perjalanan wisata ke berbagai negara. Adapun tiga besar negara tujuan wisatawan Singapura adalah Bangkok, Johor Bahru, dan Batam.

Andrew Edwards, Global Director for Brand and Communications Agoda, mengatakan, “Sangat menarik untuk melihat perbedaan karakter wisatawan dari beberapa negara. Namun, yang menarik adalah kenyataan bahwa orang-orang semakin sering bepergian. Hal itu menunjukkan bahwa berwisata sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat di Asia Pasifik. Seiring kami meningkatkan jumlah properti di Agoda, demand-nya juga ikut tumbuh.”

Survei online ini dilakukan oleh Agoda dengan responden berjumlah 11.762 orang di Asia Pasifik yang berumur antara 18 hingga 64 tahun. Data dikumpulkan antara tanggal 27 Februari dan 17 April 2017.

Survei agoda