Upaya ASITA Memajukan Pariwisata Indonesia

Wednesday, 11 January 17   4 Views   0 Comments   Venue

Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) pada 9 Januari 2017 menggelar perayaan ulang tahunnya yang ke-46. Perayaan tersebut berlangsung meriah di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona. Arief Yahya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia, mengucapkan selamat kepada ASITA, dan ia berharap ulang tahun ini menjadi momentum untuk meningkatkan sinergi kemajuan pariwisata dalam negeri.

Asnawi Bahar, Ketua DPP ASITA, mengatakan, ASITA akan mendukung Kementerian Pariwisata untuk mencapai target kunjungan 15 juta wisman pada 2017 dengan cara membuat paket wisata yang menarik serta melakukan direct promotion dan roadshow ke negara lain. Pada tahun ini, ASITA berencana melakukan direct promotion ke beberapa kota di Cina, seperti Wuhan, Tianjing, Chengdu, dan Xinjing Anhui.

“Kota-kota selain Beijing memiliki pasar yang luar biasa. Mudah-mudahan kami mampu menjawab tantangan untuk memikat 10 juta turis Cina pada 2019. Pada Januari ini, diperkirakan ada 5.000 wisatawan dari Cina yang akan berlibur merayakan imlek di Bali,” kata Asnawi.

Asnawi menambahkan, ASITA juga melakukan roadshow yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia. Roadshow tersebut dilakukan dalam satu kunjungan ke tiga kota di satu negara, dengan target menghasilkan kunjungan minimal 40.000 wisman. Sebelumnya, ASITA juga telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Amerika Serikat, Uzbekistan, Mesir, Malaysia, dan Korea Selatan untuk memajukan pariwisata Indonesia.

Asnawi mengatakan, ASITA juga akan menggelar ASITA Travel Mart di beberapa provinsi, seperti Jakarta, Yogyakarta, Solo, Sumatera, dan Batam yang diharapkan dapat mendatangkan buyer-buyer dari luar negeri.

Masih dalam rangka perayaan ulang tahun, ASITA juga untuk pertama kalinya memberikan ASITA Awards kepada sembilan orang anggota ASITA yang telah mengabdikan dirinya untuk kemajuan pariwisata Indonesia. Berikut ini adalah daftar penerima ASITA Awards.

Lifetime Achievement

  • (Alm.) SM Herlambang – Ketua ASITA (1979-1987)
  • Meity Robot – Ketua ASITA Jakarta (1990-1999)
  • Bachtiar Manaba – Anggota Dewan Pertimbangan ASITA (2015-2019)

Outstanding Contribution

  • Herna – Dewan Pengurus ASITA Jakarta
  • Herman Rukmanadi – Ketua ASITA Jawa Barat
  • I Gusti Agung Prana – Ketua DPD ASITA Bali (2003-2005)

Most Contributor Person for Asia

  • I Gede Ardhika – Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (2001-2004)

ASITA Outstanding Executive

  • Jusuf Abdullah
  • Dewi Anggraini – ASITA Jawa Barat

Penulis: Ahmad Baihaki