Whitesky Aviation Beli 30 Unit Helikopter

Tuesday, 05 April 16   0 Views   0 Comments   Venue

Maskapai penerbangan yang fokus pada penyewaan helikopter, Whitesky Aviation, akan memperkuat operasinya untuk layanan air taxi dan air ambulance di seluruh Indonesia dengan melakukan pembelian 30 unit helikopter Bell 505 Jet Rangger X dari Textron Inc. Nilai investasi pembelian 30 helikopter tersebut mencapai US$30 juta.

“Pembelian helikopter ini memperkuat visi kami untuk menjadi penyedia jasa transportasi terbaik yang menawarkan fleksibilitas kepada para pelanggan kami tanpa mengurangi sedikit pun standar pelayanan dan keamanan yang ada,” kata Denon Prawiraatmadja, CEO Whitesky Aviation.

Denon mengungkapkan, rencana pembelian Pesawat Bell 505 ini sesuai dengan rencana kerja perusahaan untuk lima tahun ke depan yang akan memperluas jangkauan layanannya di Indonesia, dengan basis operasi di Jakarta dan sekitarnya, Bandung , Kalimantan, Sulawesi, Bali, serta Papua.

“Sebab, sampai saat ini kami baru mengoperasikan enam armada helikopter, yakni tiga Bell 429 dan tiga Bell 407,” kata Denon.

Matt Hasik, EVP Commercial Business Textron Inc, menambahkan, helikopter Bell 505 ini memang didesain dengan teknologi keamanan dan efisiensi terbaik. Helikopter ini sesuai untuk negara seperti Indonesia.

“Helikopter ini mampu terbang dengan kecepatan 125 knots atau setara dengan 232 km/jam, jarak jangkau 667 km, serta daya angkut hingga 608 kg. Dengan demikian, biaya operasionalnya sangat efisien. Perlengkapan navigasinya dilengkapi Garmin G1000H Integrated Avionics Suite yang membantu pilot memberikan panduan secara maksimal ketika penerbangan dan juga di saat-saat penting. Helikopter ini menggunakan mesin Turbomeca Arrius 2R dengan sistem Full Authority Digital Engine Control (FADEC),” ujar Hasik.

Menurut Hasik, sambutan pasar sangat bagus dengan hadirnya Bell 505 ini, khususnya untuk layanan korporat atau VIP. Saat ini ada lebih dari 380 letters of intent (LOI) di seluruh dunia, dan lebih dari 130 Bell 505 letters of intent di Asia Pasifik ini.

“Setiap helikopter Bell kami didukung dengan jaringan fasilitas layanan terbaik di bidangnya, dengan ratusan layanan servis resmi di seluruh dunia sehingga mendapatkan peringkat satu dalam hal kepuasan layanan selama 22 tahun menurut survei yang dilakukan oleh The Helicopter Product Support Survey,” ujar Hasik.

Pada awal tahun 2016 ini pula, Whitesky Aviation mendaftarkan seluruh armada helikopternya dalam program “Bell Helicopter’s Customer Advantage Plan”, yakni sebuah program purnajual untuk layanan perawatan dan suku cadang. Program ini memungkinkan para operator pengguna Bell untuk memperkirakan biaya perawatan per bulan sehingga mengurangi biaya operasional perusahaan dan meningkatkan ketersediaan armada terbangnya.

Penulis: Pasha Ernowo